Artikel

Kenalkan Clean Eating pada Anak Juga Bentuk Bunda Berkontribusi pada Negeri

Post pada 20 Jan 2023

Menerapkan pola makan sehat pada anak memang gampang-gampang susah. Kadang mesti ditambahi bumbu cerewet. Ya beginilah drama dalam menjalankan peran sebagai ‘pengawal’ tumbuh kembang si kecil.

Tetap semangat ya bun. Jangan pernah menyerah. Pastikan pola makan yang sehat sudah diterapkan sejak dini. Jangan pernah menyerah ya bunda untuk terus mendidik anak agar menerapkan pola makan sehat sejak dini.

Hidup sehat si kecil dapat tercermin dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kaya akan suplemen. Harus disadari sejak awal, apa yang dimakan anak pasti mempengaruhi tumbuh kembangnya. Termasuk juga di sini, makanan sehat menjadi benteng terhadap berbagai macam penyakit.

Alhasil, bunda mesti memahami sejak awal makanan apa saja yang tak hanya bagus untuk anak tapi juga sehat. Berangkat dari sini, maka bunda perlu menerapkan konsep clean eating kepada si kecil.

Seperti dikutip dari laman yankes.kemenkes.go.id, clean eating merupakan pola makan yang bertujuan mengatur cara hidup dan pemilihan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi di sini antara lain buah, sayur, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan lain-lain, yang diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bunda perlu mengenalkan konsep clean eating pada anak sebagai pengetahuan terhadap makanan sehat dan pola makan yang sehat pula. Proses mengenalkan clean eating sebaiknya dilakukan  terus menerus sampai anak memahami manfaat dari buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, biskuit, roti, susu, dan air putih bagi tubuh.

Cobalah ajak diskusi anak sejauh mana pengetahuan mereka tentang sayuran yang baik untuk tubuh. Contohnya wortel yang kaya akan vitamin A sehingga bagus untuk membuat mata tetap sehat. Termasuk juga mesti rajin makan sayur agar memudahkan buang air besar.

Begitu juga manfaat buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Biar anak lebih tertarik, bunda dapat mengajaknya mengenal aneka rasa buah secara praktis dengan menyajikan Pino Es Serut Buah. Sambil menyerut Pino Es Serut Buah yang dibekukan terlebih dahulu, anak akan langsung mengetahui kesegaran aneka rasa buah.

Pembelajaran makanan sehat melalui clean eating sebaiknya dilakukan dengan konsisten. Di sisi lain, kegiatan mengenalkan clean eating juga dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang belum pernah mereka konsumsi.

Contohnya saja makanan ubi-ubian yang direbus, sayuran rebus, susu murni, maupun nasi merah yang jarang ditemui. Konsistensi bunda dalam menerapkan clean eating diharapkan akan menumbuhkan kesadaran pada anak seputar makanan sehat sejak dini.

Kegiatan clean eating ini secara langsung sebagai bentuk tanggung jawab bunda terhadap kesehatan anak di masa depan. Kemudian secara luas, bunda juga turut berkontribusi menciptakan generasi anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas, sekaligus tangguh!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel