Artikel

Ketahui Bun, Alasan si Kecil Lebih Suka Coret-coret Dinding Rumah

Post pada 03 Nov 2023

Punya balita maupun usia pra sekolah pasti selalu banyak kejutan. Satu di antara kejutannya adalah dinding rumah dipenuhi coretan crayon. Hanya si kecil saja yang bisa mengartikan coretannya itu. Sedangkan bunda? Siap-siap mengurutkan dada sebagai simbol sabar!

Anak hobi coret-coret dinding itu sebenarnya hal yang wajar dan natural. Bila disimak lebih dalam, ini justru menjadi sinyal perkembangan buah hati. Kemampuan mencoret-coret dan menggambar merupakan capaian dari perkembangan motorik halus dan kasar. Tak ketinggalan juga, kemampuan kognitifnya juga meningkat.

Alhasil, jangan buru-buru senewen lihat dinding rumah penuh dengan coretan si kecil. Coba deh pahami dulu makna dari kegemaran si kecil itu yang memang bikin rumah jadi ‘kotor’.

BACA JUGA: Pas Hari Pangan Sedunia, Ayo Buang Perilaku Mubazir terhadap Makanan 

Pertama, jelas saja ini adalah pengembangan keterampilan si kecil. Saat bunda memergoki si kecil aktif coret-coret dinding, ini bermakna dia sudah siap belajar tulis menulis. Lebih baik bunda memusatkan pikiran pada bentuk coretan si kecil ketimbang merespons negatif.

Kedua, si kecil ingin mengekspresikan kreativitasnya. Jadi, coretan di dinding adalah bentuk komunikasi si kecil. Melalui goresan coretan yang dibuat lewat jari-jari mungilnya, si kecil juga berharap perhatian dari bunda. Bahkan, Jurnal Frontiers in Psychology memandang anak yang menggambar sebenarnya sedang berimajinasi tengah berpetualang.

Ketiga, bagian dari eksplorasi anak. Di mata si kecil, dinding adalah bidang yang begitu menantang. Dinding dengan area yang luas memancing rasa penasaran si kecil. Dari sinilah, dia ingin mengeksplorasi dinding sebagai kanvas raksasa. Coretan yang dibuatnya merupakan buah dari ide atau gagasan yang diketahuinya.

Si kecil tidak berpikir sejauh bunda yang menilai coretan akan membuat masalah karena membutuhkan dana lagi untuk membersihkannya.

Sebagai jalan tengah, ada beberapa pilihan yang dapat bunda lakukan agar si kecil tetap bisa bereksplorasi di dinding tanpa bikin senewen.

BACA JUGA: Bermain Pretend Play Bakal Dorong Anak Tumbuh Cerdas dan Kreatif 

Misalnya, bunda bisa menyiapkan dinding kamarnya sebagai tempat menggambar. Bunda bisa menempelkan kertas seluas dinding kamarnya. Atau bisa juga mengecat dengan cat khusus yang bisa dibersihkan menggunakan air.

Kemudian, bunda memberi aturan kepada si kecil kalau kegiatan coret-mencoret hanya bisa dilakukan di dinding kamar. Bahkan bila perlu, bunda bisa memberi contoh gambar atau pola tertentu yang bisa si kecil lakukan.

Aktivitas coret-mencoret bareng si kecil ini bakal makin asyik lagi kalau ditemani Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

So, bunda tak perlu pusing lagi akan kebiasaan si kecil yang gemar mencoret-coret dinding. Bahkan bisa jadi, dinding kamar yang penuh coretan si kecil itu akan menjadi kenangan indah di masa depan.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel