Artikel

Ketahui Dulu Syarat Ajak Anak Nonton ke Bioskop

Post pada 04 Okt 2023

Kepikiran ajak anak nonton di bioskop? Bisa jadi keinginan ini banyak dilontarkan bunda. Selain dapat membangun momen bersama alias family time, bunda juga berharap si kecil mendapatkan banyak pengalaman saat nonton di bioskop.

Cuma ada tambahan lagi pertanyaannya, yakni di usia berapa sih anak-anak dapat diajak nonton bioskop? Jawabannya pasti beragam. Ada pendapat anak berusia tiga tahun dengan alasan sudah dapat memahami jalan cerita film yang sederhana. Tapi muncul kekhawatiran bila pendengaran si kecil belum bisa menerima suara keras bioskop.

BACA:  Kecil Alami Stranger Anxiety Itu Wajar, Ini Cara Atasinya

Belum lagi masalah si kecil yang sulit anteng. Sangat sulit berharap dia duduk tenang di bangkunya. Kondisi ruangan yang gelap bakal menyulitkan bunda untuk mengawasi pergerakan si kecil.

Sebagai jalan tengah, ada pendapat yang menyebutkan anak usia empat tahun sudah dapat diajak nonton bioskop. Di usia ini, anak sudah dapat mengikuti alur cerita film. Termasuk juga sudah dapat merespons dari adegan-adegan yang tayang di layar bioskop.

Poin lainnya, anak berusia empat tahun sudah dapat duduk tenang selama menonton. Dan yang penting, indera pendengarannya sudah siap mendengar suara keras dari speaker bioskop. 

Bunda bisa pula memberi cemilan seperti Permen Susu Milkita selama si kecil nonton di bioskop. Permen Susu Milkita merupakan permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand.

Terlepas dari pembahasan usia ideal anak dapat diajak ke bioskop, satu hal yang penting diperhatikan adalah pilihan film. Pastikan sejak awal film yang akan ditonton sesuai dengan usia anak. Mulai dari jalan cerita yang tidak terlalu kompleks, sampai adegan-adegan di film.

Maka itu, langkah awal yang sebaiknya bunda lakukan adalah menyempatkan untuk mencari tahu ulasan film. Sederhana kok. Bunda bisa akses semua informasi tentang film itu di internet. Cukup dengan bantuan Google, seketika informasi film itu langsung didapatkan.

BACA: Penting Banget Kenalkan Si Kecil akan Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini

Poin yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah plot dan gambar-gambar yang ditayangkan. Belum tentu status film untuk semua umur itu cocok dengan si kecil. Maklum, banyak film anak-anak tapi jalan ceritanya tidak relevan dengan si kecil. Bisa jadi pula jalan cerita membingungkan atau malah bikin si kecil takut. Kalau ini kejadiannya bisa repot. Anak akan mendapat pengalaman buruk saat diajak nonton ke bioskop.

Kemudian hindari ajak anak nonton ke bioskop demi memuaskan keinginan bunda. Ada lho bunda yang kepengen nonton film favoritnya sambil terpaksa membawa anak karena tidak ada yang bisa dititipi.

Kalau kasus yang ini malah bakal bikin masalah. Selain tema film tidak relevan, si kecil bakal mudah bosan. Ujung-ujungnya rewel dan pada akhirnya akan merepotkan bunda sendiri.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel