Artikel

Si Kecil Alami Stranger Anxiety Itu Wajar, Ini Cara Atasinya

Post pada 19 Sep 2023

Ketika menginjak usia 6-8 bulan, si kecil sudah mengenal orang di sekelilingnya. Jadi tidak heran bila digendong orang asing, si kecil bisa menolak. Bahkan bisa rewel panjang yang menandakan dia tidak nyaman bersama orang asing.

Ketidaknyamanan si kecil dengan orang asing ini biasa diistilahkan stranger anxiety. Situasi ini kadang juga berlangsung sampai si kecil berusia sampai lima tahun. sebenarnya apa sih stranger anxiety? Yuk lanjutkan bacanya untuk bahas lebih jauh.

Singkatnya, stranger anxiety adalah rasa cemas atau takut yang dialami si kecil saat bertemu dengan orang asing. Ini menandakan si kecil tak ingin jauh dari bunda. Tenang, stranger anxiety adalah situasi yang lumrah dialami si kecil. Dalam beberapa kasus, stranger anxiety juga dialami anak yang sudah memasuki usia sekolah.

Memang, seiring bertambah usia, stranger anxiety yang dialami anak perlahan-lahan akan hilang. Cuma yang jadi catatan, bila tidak diatasi akan memantik gejala separation anxiety di mana situasi ini muncul karena si kecil cemas ditinggalkan orang-orang terdekatnya.

BACA: Tak Perlu Ragu Ajak Anak ke Pesta Pernikahan, Perhatikan 4 Hal Ini

Walau akan hilang bersamaan dengan bertambahnya usia, tapi kadang tetap ada kasus si kecil mengalami separation anxiety. Tentu saja ini terkait dengan masalah kejiwaan si kecil sehingga bunda dapat membuka peluang membawanya ke dokter.

Nah, sekarang bahas bareng-bareng jurus mengatasi rasa takut si kecil saat bersua dengan orang asing ya bunda.

Kenalkan orang asing di lingkungan yang nyaman

Rumah adalah lingkungan yang nyaman bagi si kecil. Di sinilah, bunda bisa mulai mengenalkan si kecil dengan orang asing. Misalnya saat tamu bunda main di rumah. Bunda bisa mengenalkan si kecil dengan tamu. Ketika berkenalan, bunda bisa lakukan berbagai pendekatan. Seperti menyuapi atau memberikan Permen Susu Milkita. Bisa saja si kecil secara spontan akan menawarkan Permen Susu Milkita kepada tamu ketika dia sudah nyaman.

Jangan tinggalkan si kecil sendiri

Ada pikiran meninggalkan si kecil bersama orang yang baru dikenalnya. Cara ini justru akan membuat si kecil curiga. Daripada meninggalkan si kecil sendiri bersama orang yang baru dikenal, alangkah baiknya bunda berpamitan langsung pada si kecil dan janji akan segera kembali.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Jangan sampai lupa memberi tahu orang asing

Bunda sebaiknya terus terang kepada orang asing itu terkait dengan sikap si kecil. Dengan begitu, orang asing tersebut akan maklum. Selain itu, bunda juga memberi tahu cara menghadapi si kecil agar tetap nyaman.

Sabar menghadapi rasa takut si kecil

Mengedepankan kesabaran dan rasa terima rasa takut si kecil adalah bagian dari cara mendidik anak. Tunjukan kepada si kecil kalau rasa takut itu adalah sesuatu yang wajar. Berikutnya, bunda sebaiknya juga tetap aktif mengenalkan orang baru sesering mungkin agar anak terbiasa menerima orang yang baru dikenalnya.

Kesimpulannya, rasa takut menemui orang asing adalah hal yang lumrah dialami si kecil. Kondisi ini perlahan-lahan akan hilang seiring pertumbuhan si kecil. Bundalah yang berperan besar untuk membantu masalah stranger anxiety ini pada si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel