Artikel

Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Post pada 17 Sep 2023

Pasti senang banget ya bunda lihat anak suka olahraga. Kegiatan fisik ini sangat bagus karena mendukung tumbuh kembangnya, baik fisik maupun mental. Entah itu bersepeda, main basket, bola, sampai badminton.

Tapi jangan lupakan soal kebutuhan asupan gizinya. Anak yang suka berolahraga menuntut asupan gizi untuk mendukung kegiatan fisiknya. So, bunda harus memperhatikan kandungan gizi dan pola makan yang tepat. Apa saja elemen gizi yang harus ada dalam asupan makanannya demi menopang kegiatan fisik anak. Simak berikut ini ya.

Kalsium

Kalsium adalah mineral yang bertanggung jawab membentuk dan menjaga kesehatan tulang. Si kecil memerlukan mineral ini untuk mendukung proses kepadatan tulang akibat gerakan yang dilakukan selama berolahraga. Bila si kecil kekurangan kalsium, praktis tulangnya akan sulit padat. Lagi pula kalsium turut berperan juga untuk mengoptimalkan fungsi jantung, otot, dan kontraksi pembuluh darah.

Idealnya, anak dengan rentang usia empat sampai delapan tahun mendapatkan 1.000 miligram kalsium per hari. Ketika sudah beranjak usia sembilan hingga 18 tahun maka memerlukan kalsium sampai 1.300 miligram per hari.

BACA JUGA: Topik Seru Deep Talk agar Anak Lengket sama Bunda

Nah, kebutuhan kalsium anak ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi susu secara rutin. Termasuk juga memberi cemilan Permen Susu Milkita Bites. Produk ini adalah permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand.

Protein

Asupan protein diperlukan tubuh anak karena berperan untuk membentuk dan memperbaiki kondisi otot. Kemudian berdasarkan makalah yang dipublikasikan jurnal Sport Nutrition for Young Athletes menjelaskan protein bertanggung jawab untuk membantu menjaga kadar glukosa darah saat anak berolahraga.

Bunda sebaiknya memperhatikan kebutuhan protein ini dalam porsi makanan yang dihidangkan yang setidaknya mengandung sampai 30 persen protein. Sumber protein berasal dari ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Zat besi

Zat besi bertanggung jawab dalam mengontrol kadar hemoglobin dalam darah yang mencegah anemia dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh sehingga perkembangan sel menjadi optimal.  Tambahan lagi, zat besi juga membantu meningkatkan massa otot.

Bunda dapat menyiapkan makanan dengan kandungan zat besi yang cukup yang berasal dari lauk pauk seperti daging merah, ikan salmon, roti gandum, maupun sayuran seperti bayam.

Vitamin D

Jangan lupakan juga vitamin D. Ingat ya bunda, kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh anak kesulitan menyerap kalsium. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk mempertahankan struktur tulang.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Di dalam tubuh si kecil, vitamin D akan mengontrol pembelahan sel, memastikan fungsi otot normal, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian yang paling penting, vitamin D dapat mencegah anak mengalami osteoporosis dini. Tidak sulit kok untuk memenuhi vitamin D untuk anak. Bunda dapat menyajikan makanan dengan lauk ikan tuna, kuning telur, jamur, dan lain-lain.

Itulah asupan gizi yang mesti bunda perhatikan agar aktivitas fisik anak dapat terjaga dan tetap optimal. Tak cuma itu, menyajikan makanan yang kaya akan asupan gizi juga sebagai bentuk dukungan dan rasa sayang terhadap si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel