Artikel

Ketahui Segudang Manfaat Playdate dalam Tumbuh Kembang Anak

Post pada 30 Nov 2023

Playdate jadi aktivitas si kecil untuk mengasah keterampilan bersosialisasi. Yup, playdate ini merujuk pada kegiatan bermain si kecil dengan teman sebaya. Mereka bebas bermain baik di indoor maupun outdoor. Lewat playdate, si kecil berkesempatan bertemu, berinteraksi, dan bermain bersama dengan cara menyenangkan.

Itulah mengapa playdate menjadi medium si kecil membangun persahabatan dengan teman-teman sebaya. Di saat bersamaan, playdate juga mendorong anak mengembangkan keterampilan sosial seperti berkomunikasi, bekerja sama sampai berbagi.

Lagi pula, playdate jelas bermanfaat dalam tumbuh kembang si kecil. Kegiatan ini akan mengasah kemampuannya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Tambahan lagi, playdate akan membuat si kecil tidak merasa bosan dengan kegiatan yang sama setiap hari di rumah. Biar lebih detail lagi apa saja manfaat playdate bagi si kecil, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Asah keterampilan sosial

Playdate membuka kesempatan si kecil belajar berinteraksi dengan teman sebaya. Saat playdate, si kecil akan memahami dengan nyata bagaimana saling menghormati satu dengan yang lain, belajar berbagi, termasuk di sini adalah mengelola konflik. Pada akhirnya, playdate akan mengasah ketrampilan si kecil dalam relasi sosial yang sangat berguna di kemudian hari.

BACA JUGA: Pelukan Bukan Sekadar Ekspresi Rasa Sayang Bunda ke Si Kecil

Memperkaya kosakata dan komunikasi

Kemampuan bahasa si kecil akan berkembang pesat melalui playdate. Hal ini karena dia berkomunikasi langsung dengan teman-temannya sehingga menjadi lebih aktif mendengarkan dan merespons. Alhasil, playdate adalah media untuk meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi.

Rangsang kreativitas

Playdate menjadi kegiatan menstimulasi perkembangan kreativitas si kecil. Lewat bermain bersama-sama, si kecil akan mengambil peran di dalamnya. Situasi itu akan mendorong si kecil mengembangkan kemampuan kritis, memecahkan masalah, dan sudah pasti memancing kreativitas.

Latih kemandirian

Secara tak langsung, playdate akan membuat si kecil tidak terlalu tergantung dengan bunda. Saat bermain, si kecil tidak lagi mensyaratkan kehadiran bunda secara terus-menerus. Dia akan asyik bermain dengan teman-temannya. Praktis, playdate akan melatih kemandirian si kecil karena sudah memiliki kepercayaan diri dan belajar mengatasi tantangan.

Momen senang bersama

Playdate akan membuat suasana ceria dan penuh tawa canda. Ini menandakan si kecil begitu menikmati bermain bersama. Ketika anak cerita dan bersenang-senang maka akan memperbaiki suasana hati si kecil. Selain itu, playdate juga berperan menekan stres pada si kecil.

Luar biasa bukan manfaat dari playdate? Pendek kata, playdate bisa melatih kemampuan problem solving sekaligus anak belajar untuk mengenal orang sekitar dan bersosialisasi. Biar permainan bersama teman-teman sebaya lebih seru, bunda bisa membekali si kecil dengan Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel