Artikel

Melatih Anak Gemar Bersedekah Bagus untuk Bentuk Kepribadian

Post pada 08 Nov 2022

Anak sebaiknya mesti dilatih punya jiwa sosial tinggi sejak dini. Satu di antaranya adalah melatih bersedekah. Kebiasaan satu ini akan mendorong anak memahami arti tulus dan ikhlas dalam menolong orang lain.

Apalagi bersedekah ternyata juga menjadi kunci kebahagiaan. Ini serius lho! Tengok saja studi yang dipublikasikan dalam Nature Communication. Studi yang dilakukan peneliti dari University of Zurich itu menyimpulkan bersedekah uang berapapun jumlahnya memacu aktivitas otak jauh lebih positif dan bahagia. Artinya, kebahagiaan yang diperlihatkan seseorang yang bersedekah tidak mensyaratkan nominal uang dalam jumlah besar.

Pendek kata, aktivitas bersedekah tidak hanya melatih anak menjadi pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi tapi juga berkontribusi pada kebahagiaan si kecil.

Lalu, kira-kira apa triknya yang dapat bunda lakukan agar anak terlatih bersedekah sejak dini? Yuk bahas bersama di bawah ini.

1. Bangun rasa empati

Rasa empati anak perlu ditumbuhkan dengan mengenalkan ada banyak orang yang kurang beruntung di luar sana. Misalnya dengan berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, dan sejenisnya.

Saat berkunjung, jangan lupa untuk memberikan sedekah. Tidak harus dalam bentuk uang, bisa juga barang atau bahan pangan. Dampingi si kecil untuku memberikan langsung bingkisan tersebut kepada mereka yang berhak.

2. Tanamkan sifat ikhlas

Ikhlas di sini berarti memberi tanpa berharap imbalan maupun perhitungan. Konsep ini yang sebaiknya secara konsisten dilatih kepada si kecil. Bunda boleh saja memberi pujian setiap anak bersedekah atau memberi sesuatu kepada orang lain.

Mengajarkan konsep ikhlas di sini akan lebih mudah bila bunda memberi contoh secara langsung. Misalnya dengan berdonasi dalam bentuk apa pun kepada mereka yang membutuhkan dengan melibatkan anak. Seperti donasi ke korban bencana alam, tetangga yang membutuhkan dan lain-lain.

3. Bersedekah tidak semata-mata materi

Didiklah anak bersedekah tidak selamanya berupa materi. Senyuman, suka membantu orang, atau memudahkan urusan orang, adalah bagian dari sedekah. Dengan begitu, anak memandang bersedekah bermakna luas. Bahkan yang sederhana saja, berbagi makanan seperti Pino Es Serut Buah atau Permen Susu Milkita ke teman sebaya pun juga sudah masuk sedekah.

Setidaknya tiga cara itu dapat menjadi pertimbangan dalam melatih anak gemar bersedekah. Atau bisa juga bunda punya ide-ide lain. Satu hal yang pasti, bersedekah adalah perbuatan baik yang akan menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi pada diri anak.

Apalagi studi ilmiah sudah membuktikan di mana otak manusia yang rajin bersedekah mengalami perubahan positif yang menghasilkan rasa bahagia ketimbang mereka yang mementingkan diri sendiri. Bunda sepakat bukan?

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel