Artikel

Penting Lho Latih Anak Seputar Housekeeping Skills Sejak Dini

Post pada 26 Mei 2023

Housekeeping skill alias ketrampilan bersih-bersih di rumah kadang dianggap remeh. Padahal, ketrampilan ini wajib dimiliki semua orang. Apalagi demi kebersihan, kenyamanan, dan kesehatan orang seisi rumah.

Ini yang jadi alasan kuat si kecil harus mulai dididik punya ketrampilan bersih-bersih. Tak usah membayangkan si kecil jago cuci piring sampai bersih atau menyapu lantai sampai kinclong. Awali dulu dengan membangun kesadaran pentingnya ketrampilan satu ini.

Bunda bisa mengawali dengan hal yang sederhana. Sebut saja seperti menyapu rumah ataupun mengajaknya mencuci bajunya. Di sisi lain, upaya bunda mendidik agar anak punya ketrampilan ini dapat jadi momen kebersamaan juga.

Nah, lebih lengkapnya, bunda bisa simak cara di bawah ini agar si kecil terbiasa dengan pekerjaan rumah tangga, khususnya cuci mencuci baju. 

Memisahkan pakaian kotor

Sebelum mengajak Si Kecil langsung mencuci baju, mula-mula kenalkan cara memisahkan pakaian kotor yang akan dicuci. Pisahkan pakaian yang mudah luntur. Begitu juga dengan pakaian yang berwarna putih atau terang agar tak mudah berubah warna akibat kelunturan baju yang lain. Bila ada pakaian berbahan jeans, sebaiknya cuci terpisah karena juga mudah luntur.Rendam Pakaian Kotor

Untuk hasil yang lebih bersih, beberapa orang merendam pakaian kotor terlebih dulu. Cara ini memang terbukti efektif menghilangkan beberapa noda yang membandel. Setelah pakaian kotor dipisahkan dalam tempat yang berbeda, mintalah Si Kecil merendamnya dengan detergen yang sudah disiapkan. Lakukan proses perendaman sekitar 15-30 menit sebelum menguceknya.

Mengucek Baju

Setelah pakaian direndam dalam larutan detergen, ajaklah Si Kecil mengucek baju perlahan agar bisa bersih maksimal. Anak-anak sangat menyukai bagian ini karena dia juga bisa bermain gelembung sabun atau busa. Contohkan cara mengucek yang benar, bila perlu menggunakan papan penggilasan.

BACA : Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini 

Membilas Pakaian

Tahapan terakhir dari mencuci tak lain adalah membilasnya dengan menggunakan air bersih. Supaya tidak membuang air terlalu banyak lakukan proses pembilasan ini dua kali saja.

Bilasan pertama dapat dilakukan dengan mengucek baju dalam air bersih, baru yang kedua dengan menyiramkan air bersih agar pakaian benar-benar bebas dari busa. 

Menjemur Pakaian

Si kecil juga diajarkan tahap terakhir ini, agar si kecil bisa belajar menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Sehingga akan lebih bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan nya.

Ini baru satu keterampilan lho, masih banyak keterampilan lain yang perlu si kecil ketahui yang berhubungan dengan bersih-bersih rumah. Terakhir, jangan lupa siapkan Pino Es Serut Buah buat si kecil sebagai bentuk apresiasi. Dengan rasa yang menyegarkan, Pino Es Serut Buah cocok banget dikonsumsi setelah menyelesaikan rangkaian cuci mencuci baju.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Milkita Bites di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel