Artikel

Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini

Post pada 11 Mei 2023

Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini

Tiada orang yang luput dari kesalahan, lebih-lebih si kecil. Bukan begitu bunda? Artinya, berbuat salah adalah hal yang normal. Namun yang lebih penting adalah bagaimana seseorang memiliki kerendahan hati untuk minta maaf dan tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Menurut Psikolog dari Madrid, Italia, Elena Sanz Martin, penting bagi setiap orang meminta maaf dengan cara yang baik dan tepat. Sebab terkadang permintaan maaf yang disampaikan dengan kurang tepat justru bisa menambah masalah sehingga perlu bahasa permintaan maaf yang sesuai.

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Ada beberapa cara yang bisa diajarkan kepada si kecil untuk meminta maaf jika berbuat kesalahan. Satu lagi, hindari mengomel kepada si kecil ya bunda. Oke, lanjut pembahasannya.

1. Nyatakan Penyesalan

Ajarkan anak untuk menunjukan aspek emosional dari permintaan maaf. Caranya dengan mengungkapkan perasaannya tentang apa yang telah dilakukan dengan tujuan untuk menekankan bila si kecil merasa tidak enak karena telah melakukan kesalahan.

2. Terima Tanggung Jawab

Penting menanamkan pada anak bahwa jika merasa bersalah, maka harus bertanggung jawab tanpa berusaha menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan atau mencari hal-hal yang meringankan.

3. Kembalikan Kerusakan Yang Terjadi

Bagi sebagian orang, sangat penting untuk mengetahui bahwa mereka masih dicintai, termasuk saat terjadi kesalahan. Mereka menghargai upaya untuk menebus kesalahan.

BACA: Anak Mulai Sekolah Lagi Setelah Libur Lebaran, Apakah Perlu Diberikan Uang Saku?

4. Tunjukan Keinginan Untuk Berubah

Banyak orang yang sangat menghargai keinginan untuk berubah. Karena itu menunjukan bahwa mereka tahu bahwa mereka melakukan kesalahan. Oleh karena itu, bahasa permintaan maaf membutuhkan orang lain untuk menyatakannya secara verbal bahwa akan menjadi baik.

5. Minta Pengampunan

Ada orang yang membutuhkan orang lain untuk meminta maaf secara langsung dan rendah hati. Bagi sebagian orang, hal ini sulit dilakukan, karena membebani harga diri mereka dan akan merasa terlalu rentan atau terbuka dengan tanggapan orang lain.

Semoga bunda bisa praktikkan sama si kecil ya. Terus satu lagi nih, coba deh pembahasan soal ini ditemani sama Permen Susu Milkita Bites agar tidak bikin suasana kaku. Permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam ini terbuat dari susu asli Selandia Baru.

Bukan sekadar mengandung kebaikan susu saja tapi juga menawarkan sensasi seru mulai gigitan pertama. Makin asyik kan dan anak bakal lebih nyaman.

Di sisi lain, permen yang mengandung kebaikan dalam segelas susu ini juga membuat anak merasa nyaman.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel