Artikel

7 Permainan Seru Bersama Anak Saat Family Time

Post pada 24 Apr 2024

Quality Time bersama keluarga adalah hal yang pastinya ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus selalu dengan bepergian keluar rumah loh Bunda. Kita bisa menciptakan suasana yang seru di rumah dengan beberapa permainan seru bersama anak.

Permainan seru bersama saat family time memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. 

Manfaat Bermain dengan Keluarga

waktu keluarga bisa dengan permainan seru bersama anak
Family time… bisa dihabiskan dengan melakukan permainan seru bersama anak loh!

Bermain dengan keluarga memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya : 

Munculnya Rasa Kebersamaan

Permainan keluarga tentunya dilakukan bersama-sama sehingga menimbulkan suasana yang meriah dan menyenangkan. Jika Bunda serta keluarga cukup sibuk, luangkanlah waktu tertentu seperti saat akhir pekan untuk melakukan permainan keluarga. 

Tidak perlu melakukan permainan keluarga setiap family time, kok. Dengan menentukan hari tertentu untuk melakukan permainan keluarga bersama si Kecil, hal itu akan membuat kesan eksklusif. Si Kecil dapat merasakan makna kebersamaan melalui momen bermain bersama keluarga.

Membuat Kenangan Bahagia

Masa anak-anak akan terekam hingga dewasa oleh si kecil. Maka dari itu, sebaiknya Bunda selalu membuat berbagai kenangan bahagia bersama si Kecil. Family time akan jadi salah satu kenangan yang diingat oleh si Kecil nantinya. Karena itu, membuat kegiatan menyenangkan seperti mengajak si Kecil melakukan permainan keluarga atau hanya menghabiskan waktu bersama keluarga pun dapat menjadi kenangan bahagia si Kecil. 

Melatih Kemampuan dan Konsentrasi  Si Kecil

Si Kecil yang terbiasa bermain sendiri sebaiknya mulai diajak melakukan aktivitas permainan keluarga. Permainan yang dilakukan sendiri memang bisa merangsang tumbuh kembang si Kecil. Akan tetapi permainan keluarga dapat membantu membuat daya serap si Kecil terhadap informasi lebih tinggi.

Saat melakukan permainan keluarga, si Kecil akan terasah untuk lebih berkonsentrasi terhadap banyak hal sekaligus. Ia pun akan mulai memahami betapa asyiknya bermain bersama-sama terutama dengan orang yang disayang.

Melatih Kemampuan Kerja Tim

Ketika nanti si Kecil sudah dewasa, kemampuannya bekerja secara tim sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilatih sejak dini dengan melakukan permainan keluarga. Bunda bisa melatih kemampuan kerja tim si Kecil. 

Selain itu, si Kecil akan belajar mengatur emosinya untuk tidak egois dan bertindak sesuka hati. Hal ini dikarenakan apa yang ia lakukan dapat berefek pada orang lain. Melalui kemampuan kerja tim, si Kecil secara tidak langsung juga belajar tentang bersosialisasi. 

Diharapkan dengan melakukan permainan keluarga, si Kecil dapat terhindar dari masalah kesulitan bersosialisasi nantinya di masa depan.

Manfaat bermain bersama seluruh anggota keluarga saat family time dapat dirasakan si Kecil dan seluruh anggota keluarga lainnya. Agar lebih menikmati waktu bersama, Bunda juga dapat menyiapkan camilan kesukaan keluarga seperti Milkita Bites yang dapat dibeli di Official Store Unifam di Shopee dan Tokopedia. 

Nah bagaimana Bun, sudah siap untuk bermain dengan si kecil di rumah? Ini dia beberapa ide permainan yang bisa Ayah dan Bunda Lakukan di rumah bersama si kecil ya 

 

7  Permainan Seru Bersama Anak Saat Family Time

1. Bermain Lego

ide permainan bersama anak

Permainan Lego adalah permainan yang sederhana, menyenangkan dan sekaligus media belajar untuk si kecil. Menyusun balok-balok lego bisa dilakukan bersama anak mulai usia 2 tahun. Bermain lego tidak hanya sekadar permainan saja, si kecil bisa melatih daya ingat, daya imajinasi  dan juga melatih saraf sensoriknya.

Varian Lego yang berwarna-warni bisa dijadikan sebagai alat belajar mengenal warna dan melatih daya ingatnya, sedangkan menyusun balok lego dengan berbagai bentuk bisa melatih daya imajinasi si kecil akan berbagai bentuk.

2. Permainan Puzzle

Selain Menyusun Lego,permainan seru lain yang bisa dilakukan bersama si kecil adalah bermain Puzzle. Permainan satu ini juga mengasah aspek kognitif otak dan meningkatkan konsentrasi serta ketelitian. Semakin kecil kepingan puzzle yang ada, tentunya akan semakin menantang dan sulit untuk menyusunnya.

Baca juga: Daftar Permainan untuk Merangsang Motorik Anak

Puzzle bisa menjadi ide permainan seru dan melibatkan anggota keluarga yang banyak. Permainan ini tidak hanya mendekatkan satu sama lain, tetapi juga melatih kerja sama untuk mencari dan menyusun pecahan puzzle.

Selain itu, puzzle juga bermanfaat untuk mengasah otak si kecil karena bisa melatih fokus dan meningkatkan kemampuan problem solving.

3. Ular Tangga

Salah satu permainan seru yang cukup legend adalah bermain ular tangga. Cara bermain ular tangga ini cukup mudah. Siapa yang bidaknya pertama mencapai angka seratus, dia-lah pemenangnya. Permainan ini juga dapat membantu kedekatan seluruh anggota keluarga. 

4. Tebak Gambar

Permainan Tebak gambar juga dapat menjadi salah satu permainan seru untuk acara kumpul bersama keluarga. Permainan ini dilakukan oleh dua orang, satu orang memberi kisi-kisi, yang lainnya menjawab sambil memegang gambar di atas kepalanya.

permainan seru bersama anak untuk kreativitas dan perkembangan anak

5. Tahan Tawa

Permainan sederhana ini bisa menjadi sangat seru, karena kita akan diuji oleh lawan untuk tidak tertawa selucu apapun tingkah laku lawan bermain kita. 

Baca juga: Ide Kegiatan Bersama Keluarga untuk Menjaga Harmoni Keluarga

6. Bermain Monopoli

Permainan Monopoli sudah menjadi salah satu permainan papan favorit sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini. Permainan ini bisa dimainkan mulai dari 3 hingga 6 orang, dengan salah satu pemain berperan sebagai pihak bank yang mengatur keuangan. Setiap pemain bisa membeli tanah di berbagai negara, membangun hotel, rumah, atau sekadar menyewakan lahannya

Jika pemain lain singgah di negara milikmu, maka ia harus membayar sewa (bisa tanah, hotel, atau rumah). Sebaliknya, jika kamu singgah di negara milik pemain lain, kamu juga harus membayar sewa. Tak ketinggalan, ada dua kartu dengan warna berbeda, Kesempatan, dan Dana Umum yang bisa berisi komisi, pembayaran pajak, hingga masuk penjara. Dijamin seru banget!

7. Bermain Petak Umpet

Permainan tradisional yang tidak lekang oleh waktu ini, akan selalu seru dimainkan bersama-sama dengan keluarga. Ayah atau Bunda bisa bergantian menjadi petugas jaga atau yang bersembunyi, hal ini bisa melatih daya ingat si kecil juga loh.

Itu dia 7 permainan seru yang dapat dilakukan saat family time nanti Bun. Jangan lupa siapkan camilannya ya Bun. Menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus selalu keluar rumah.

Bercengkrama dengan si Kecil dengan berbagai permainan menarik bisa menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu saking serunya. Nah, biar makin seru, jangan lupa siapkan camilan kesukaan, Milkita Bites atau permen kesayangan si Kecil, Jagoan Neon ya Bun. Bunda dapat beli di Official Store Unifam di Shopee dan Tokopedia loh. 

Selamat mencoba berbagai permainan seru di rumah ya Bun.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel