Artikel

Membaca Buku Pengembangan Diri di Kala Me Time? Kenapa Tidak???

Post pada 26 Feb 2024

Bunda, di sela kesibukan menjadi orang tua, Bunda tetaplah harus menjaga diri dan mengembangkan diri loh. Menghabiskan me time dengan membaca buku yang dapat membantu Bunda berkembang ataupun belajar tentang mengasuh anak dapat menjadi pelarian terbaik. 

Dengan membaca buku pengembangan diri (self improvement) di kala senggang, dapat membantu Bunda menjadi pribadi yang lebih baik. Lebih baik untuk diri sendiri, sebagai orang tua, sebagai istri dan juga sebagai wanita tentunya. 

Selain buku pengembangan diri, Bunda juga dapat memperluas wawasan dan menjadi lebih baik dengan membaca buku parenting yang dapat membantu Bunda dalam mengasuh anak. Berikut ini kami berikan daftar buku yang dapat Bunda baca di waktu me time Bunda. 

Baca juga: Panduan Praktis Mengasah Diri untuk Ibu yang Sibuk

me time ibu muda - rekomendasi buku pengembangan diri
Salah satu me time ibu muda – baca buku pengembangan diri

Daftar Buku Pengembangan Diri dan Parenting untuk Ibu Muda

1. Strong as Mother – Kate Rope

Buku ini berisi panduan untuk ibu muda mempersiapkan diri memasuki dunia bernama motherhood. Hal ini sesuai dengan tagline dari buku ini – Your guide to being the sanest mommy on the block! Panduan mulai dari bagaimana menyikapi paniknya menghadapi kehamilan, menerima kelebihan dan kekurangan sebagai seorang ibu dan masih banyak lagi. Cocok juga dibaca oleh Ayah loh, Bunda. Kenapa tidak baca bersama biar lebih harmonis dengan pasangan.

2. Becoming – Michelle Obama

Siapa tak kenal dengan Ibu Negara yang satu ini? Buku Becoming ini merupakan buku otobiografi beliau yang mengangkat kisah masa kecil hingga bertemu Barack Obama, kisah saat menjadi istri dan ibu serta fase di mana dia menjadi Ibu Negara Amerika Serikat. Banyak motivasi dan inspirasi dalam buku ini, termasuk kutipan berikut yang cocok untuk ibu muda: “Temukan orang yang bisa membuatmu jadi lebih baik”.

rekomendasi buku pengembangan diri untuk ibu muda
Salah satu rekomendasi buku untuk ibu muda – Becoming Obama

3. How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk – Adele Faber, Elaine Mazlish

Merupakan panduan untuk ibu muda dalam menjalin hubungan dengan anak balita. Bagaimana menjadi orangtua yang juga pendengar yang baik, membantu anak mengungkap perasaannya, hingga bagaimana memberi hukuman dan hadiah untuk anak. 

4. The Life-Changing Magic of Tidying Up – Marie Kondo

Marie Kondo merupakan pakar seni berbenah dari Jepang yang menuliskan buku ini untuk membantu Bunda dalam membuat rumah yang rapi dan nyaman untuk keluarga. Di buku ini Marie Kondo memperkenalkan metode berbenah yang disebut KonMarie, yaitu cara beres-beres atau merapikan rumah dengan menyusun satu jenis barang ke dalam tempat yang sama. Selain itu, Marie Kondo memperkenalkan teknik menyortir barang yang ingin disimpan dan yang akan dibuang berdasarkan nilai sentimental atau apakah memberikan kebahagiaan atau sparks joy.

5. Terima kasih Sudah Mengatakan – Kim Yu-Jin

Merupakan buku yang membahas cara berkomunikasi dengan baik tanpa menyakiti perasaan pasangan kita. Buku ini merupakan buku best seller di Korea Selatan yang dapat membantu Bunda dalam hal berkomunikasi. Tak hanya dengan pasangan namun juga dapat diterapkan kepada si Kecil ataupun orang lain di sekitar Bunda. 

6. Tak Apa-Apa Tak Sempurna – Brene Brown

rekomendasi buku pengembangan diri untuk ibu muda

Buku pengembangan diri satu ini, seperti judulnya, mengajarkan agar Bunda menyintai diri sendiri. Menerima kelebihan dan kekurangan diri – karena sebenarnya tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk diri kita, Bunda. Dengan menerima segala hal tentang diri kita – termasuk ketidaksempurnaan kita, dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan akhirnya mempengaruhi sekitar kita. 

7. Maybe You Should Talk To Someone – Lori Gottlieb

Didasarkan atas kisah nyata dan pengalaman penulisnya, buku self improvement ini menceritakan tentang Lori Gottlieb, seorang psikoterapis juga penulis. Dimulai dengan kisah Lori yang diputuskan oleh pacarnya sehingga membuatnya terluka secara batin. Untuk membicarakan masalahnya, dia memutuskan berbicara dan diterapi oleh psikoterapis lain. Buku self improvement ini mengajarkan kita perlunya berbicara dengan orang lain jika menghadapi masalah. Setuju gak Bunda?

Baca juga: Cara Menjaga Komunikasi Antar Anggota Keluarga

8. Good Vibes, Good Life – Vex King

Vex King – seorang penulis dan motivator asal Inggris ini  menawarkan berbagai tips dan strategi untuk mengatasi stres, kecemasan, dan ketidakpastian, serta untuk memperkuat keyakinan diri dan mencapai tujuan hidup.Cara yang perlu dilakukan untuk hidup bahagia, sehat dan penuh getaran positif. 

9. The 5 Love Languages of Children – Gary Chapman, PhD & Ross Champbell, PhD

Melalui buku ini, penulis ingin mengajak kita memahami bahasa kasih dari orang tua kepada anak. Ada masa-masa pertumbuhan di mana anak tidak bisa menyampaikan hal dirasakan secara verbal, sehingga sering kali memberontak atau bertindak kasar. Alih-alih marah, Moms bisa meresponnya lewat bahasa kasih seperti yang dijelaskan di dalam buku ini.Membaca buku ini akan membantu Moms untuk berkomunikasi dengan lebih baik dan anak.

10. No More Perfect Moms – Jill Savage

Buku pengembangan diri satu ini sangat cocok untuk Bunda loh. Buku ini menyoroti bahwa menjadi seorang ibu tidaklah harus sempurna, karena hidup tidak ada yang sempurna. Lagipula, tidak ada standar sempurna untuk seorang ibu kan, Bunda.

Adalah normal jika Bunda merasa stres, pusing, dan lelah dengan kehidupan sehari-hari sambil merawat dan membesarkan anak-anak. Lewat buku ini, Jill Savage ingin Bunda mengubah cara pandang Bunda tentang “sempurna” dan menjadi lebih realistis.

Itu dia Bunda daftar buku pengembangan diri dan parenting yang dapat Bunda baca di kala senggang atau me time Bunda. Bunda juga dapat mengajak suami untuk turut membaca beberapa buku di atas loh, biar Ayah juga memahami kondisi Bunda.

O iya, biar makin asik, Bunda dapat membaca buku sambil menikmati Milkita Bites yang enak itu loh. Bunda dapat beli langsung di toko official Unifam di Shopee dan Tokopedia

Ingat Bunda, tak perlu jadi sempurna dalam hidup ini, termasuk menjadi seorang ibu. Yang terpenting adalah memberi dan menjadi yang terbaik yang kita bisa dalam hidup ini. Setuju kan Bunda?

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel