Artikel

Siasat Dorong Semangat Anak Kembali Sekolah Usai Libur Lebaran

Post pada 27 Apr 2023

Tidak terasa ya, masa libur sekolah anak akan berakhir. Dalam hitungan hari ke depan, anak-anak sudah aktif bersekolah setelah dua pekan libur lebaran. Dan, di sini bisa jadi problemanya karena anak-anak kemungkinan kesulitan fokus dan termotivasi lagi untuk belajar.

Kalau begini kondisinya, maka akan memengaruhi prestasi akademis dan anak tidak semangat belajar karena masih merasa dalan nuansa libur panjang lebaran. Tenang, bukan bunda namanya kalau tidak bisa mensiasati situasi ini. Yuk berbagi bersama cara jitu agar anak kembali fokus dan semangat bersekolah.

Susun jadual belajar yang konsisten

Bunda perlu turun tangan dalam menyusun jadual belajar lagi. Langkah ini bisa disebut sebagai bentuk pengingat kalau masa liburan akan berakhir. Ada baiknya bunda melibatkan buah hati dalam penyusunan jadual ini. Tidak hanya jadual belajar, tapi juga jadual istirahat, bermain, sampai aktivitas lainnya.

BACA: Camilan Sehat yang Bikin Perut ‘Stabil’ Jauh dari Rasa Lapar Selama Mudik

Pancing rasa ingin tahu

Secara alami, anak-anak punya rasa ingin tahu yang tinggi. Manfaatkan ini agar semangat belajar anak kembali bangkit. Bunda bisa mencari materi bacaan atau tayangan video pendek yang topik yang diminati buah hati. Temanilah dia dan ajaklah berdiskusi terkait materi tersebut. Bila perlu, sajikan Pino Es Serut Buah agar suasana makin seru dan menyenangkan.

Terapkan pendekatan belajar yang kreatif

Memancing semangat anak belajar memang gampang-gampang susah. Bunda perlu ide-ide kreatif dan satu frekuensi sama anak dalam urusan ini. Contoh ide yang bisa dilakukan adalah dengan membuat game edukasi. Bunda boleh menyiapkan hadiah yang menarik saat main game, misalnya hadiah berupa Permen Susu Milkita atau Pino Es Serut Buah.

Atau bisa juga bikin drama seolah-olah sedang ada di kelas di mana bunda berperan sebagai guru atau sebaliknya, anak yang jadi guru. Dengan begitu, anak akan muncul rasa rindu kembali ke sekolah.

BACA: ​​Ajari Si Kecil Kelola ‘Duit THR’ saat Momen Mudik Lebaran

Bimbing anak belajar mandiri

Bunda juga mempertimbangkan untuk mendorong kemandirian anak dalam belajar. Misalnya dengan memberi tugas yang menantang bagi anak. Berilah dia kebebasan untuk menyelesaikan tantangan itu secara mandiri. Langkah ini akan membangun rasa percaya diri dalam anak.

Jangan lupa tetap konsisten mendukung dan memotivasi

Dalam keluarga, bunda adalah bagian support system anak. So, tetap konsisten memberi dukungan dan memotivasi anak. Akan lebih baik support system ini tidak ditunjukan secara formalitas belaka. Bahkan yang jauh lebih penting adalah selalu memberi apresiasi yang tinggi saat mereka berhasil.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia. 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel