Artikel

Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

Post pada 12 Jun 2023

Bunda, mengajarkan budaya sopan santun ke Si Kecil merupakan hal penting untuk dilakukan para orang tua. Sebab, dengan bekal sopan santun itu, anak-anak bisa belajar banyak hal. Salah satu pekerjaan terpenting orang tua adalah membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, menunjukkan kepada mereka cara berinteraksi dengan orang lain secara sopan, dan mengajari untuk memperlakukan orang lain dengan hormat.

BACA : Aktivitas Seru Ajarkan Praktik Mindfulness kepada Si Kecil

Usia di bawah 5 tahun menjadi momen yang tepat bagi bunda melatih dan mengajarkan anak pada banyak kebiasaan baik. Ini termasuk disiplin, mengelola emosi, mengatasi rasa sedih, menunjukkan sikap empati, bersikap mandiri, bersosialisasi. Dan yang tak kalah penting adalah etika sopan santun. Bukan tanpa alasan, semua hal tersebut akan menjadi bekal anak untuk menghadapi berbagai situasi dan karakter orang lain di masa remaja dan dewasa. 

Mengenalkan anak konsep etika sopan santun merupakan upaya bunda mengembangkan ketrampilan sosial si kecil. Selain itu, etika satu ini juga erat kaitannya dengan cara si kecil membangun relasi dan interaksi dengan orang lain, baik sebaya maupun lebih tua.

Di usia yang masih belia, si kecil akan mudah menyerap kebiasaan baik ini karena menjadi hal yang baru. Cuma memang bukan perkara mudah membuat si kecil dapat  terlatih terkait etika sopan santun. Biar ada ide, ada beberapa cara yang Bunda bisa ikuti untuk mengajarkan Si Kecil tentang sopan santun

Mengenalkan Kata Tolong dan Terima Kasih

Kenalkan kata tolong kepada si kecil. Katakan kepada mereka untuk menggunakannya pada saat mereka meminta bantuan. Sedangkan mengucapkan kata terima kasih setelah menerima sesuatu dari orang lain. Termasuk di sini membiasakan diri saat si kecil menerima Permen Susu Milkita Bites dari bunda. Permen Susu Mikita Bites berbentuk butiran kecil yang enak diemut dan dikunyah. Dalam kemasannya tersedia dalam tiga varian rasa yaitu coklat, stroberi, dan melon.

Hal yang sama juga berlaku untuk bunda. Pastikan bunda juga mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan atau menerima pemberian dari si kecil.

Mengajarkan Cara Menyapa Orang Lain

Bunda juga bisa mengajari si kecil untuk menyapa orang lain dengan panggilan yang sopan. Seperti menggunakan sapaan Pak, Bu, Om, Tante, Kakak, dan sebagainya.

BACA : Hindari Paksa Anak Belajar, Percayalah pada Kemampuannya

Ajarkan Bagaimana Menunggu Giliran untuk Berbicara

Bunda juga penting untuk mengajarkan ke si kecil bagaimana menunggu giliran saat hendak bicara. Selain itu, mengajarkan tak memotong pembicaraan orang lain juga penting lho, Bun.

Ajarkan Si Kecil untuk Bertemu Orang Lain

Ajari anak Anda untuk menatap mata orang, menghadapi mereka secara langsung, dan menjabat tangan mereka saat bertemu dengan mereka.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Milkita Bites dan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel