Artikel

Aktivitas Seru Ajarkan Praktik Mindfulness kepada Si Kecil

Post pada 24 Mei 2023

Mungkin bunda sudah familiar dengan istilah praktik mindfulness. Yup, secara garis besar istilah ini merujuk pada kesadaran tentang keadaan saat ini, fokus yang terpusat pada setiap momen yang dijalani. Jadi beda sama dengan meditasi atau relaksasi.

Praktik mindfulness dipercaya dapat meningkatkan performa dan menciptakan energi positif sehingga bagus untuk tingkatkan konsentrasi sampai perkembangan emosional. Kalau praktik ini jadi kebiasaan seharian, tentu saja bagus sekali.

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Ini juga dapat dipraktikan untuk si kecil. Mindfulness sendiri bisa meningkatkan kemampuan si kecil dalam memusatkan fokus, membuat keputusan yang lebih baik dan menyusun prioritas. Mungkin sekilas terlalu berat, tapi nggak ada yang nggak mungkin. Bisa kok praktik mindfulness ini dilakukan si kecil. 

Berikut beberapa contoh melatih mindfulness si kecil dengan seru yang disarankan sejumlah ahli.

Dengarkan bebunyian 

Salah satu latihan mindfulness yang populer adalah latihan fokus mendengarkan suara. Latihan ini bertujuan untuk melatih kesadaran dan mempertajam fokus.

Bernapas Bersama Boneka 

Cocok banget ini dilakukan saat si kecil bermain boneka. Minta buah hati berbaring telentang dan letakkan boneka di perut. Kemudian ajak dia memusatkan perhatian pada naik turunnya boneka di perut saat mereka menarik dan membuang napas.

Mindful Walking 

Doronglah si kecil memberikan perhatian penuh pada lingkungan sekitar. Latih anak-anak fokus pada hal-hal yang belum pernah diperhatikan sebelumnya. Misalnya semua suara yang dapat masuk ke telinganya: hembusan angin, katak, jangkrik, mesin pemotong rumput, atau suara kendaraan.

Latihan Bersyukur

rasa syukur adalah komponen fundamental dari perhatian. Mengajari si kecil bersyukur, maksudnya mendidik untuk menghargai apa yang ada di dalam hidup. Bunda bisa mempraktikkannya bersama sesaat sebelum tidur. Berikan contoh yang simpel. Misalnya bersyukur bisa menikmati Permen Susu Milkita Bites yang kaya akan gizi dan memiliki kandungan baik segelas susu. Permen Susu Milkita BItes adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah di luar tapi kenyal di dalam.

BACA: Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini

Meditasi ala Superhero

Anak-anak suka tokoh pahlawan super. Untuk mengajarkan meditasi mungkin tidak bisa mengharapkan si kecil untuk duduk lama. Meditasi dengan gaya superhero ini mendorong si kecil fokus pada semua hal yang dapat disentuh, dengar dan cium. 

Itulah contoh sederhana yang bisa bunda terapkan untuk mengenalkan sekaligus melatih praktik mindfulness. Jadikan ini kebiasaan baik yang dilakukan terus menerus. Ayo bunda mulai dari sekarang!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Milkita Bites di Shopee dan Tokopedia.

Bagikan Artikel