Artikel

Sudah Aktif Sekolah Lagi, Yuk Bunda Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil

Post pada 08 Mei 2023

Anak sudah mulai aktif sekolah lagi ya Bun! Sudah pasti nih, bunda harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi. Maklum, proses belajar di sekolah membutuhkan banyak energi. Si kecil bakal menghabiskan waktu berjam-jam untuk memahami penjelasan guru, mengerjakan tugas, membuat prakarya, dan masih banyak lagi.

Bila tak diimbangi dengan makanan yang bergizi dan suasana sekolah yang menyenangkan, bisa menimbulkan stres pada anak. Maka itu, penting bagi anak mengkonsumsi makanan yang mendukung proses belajar sehingga dapat meningkatkan proses kognitif dan konsentrasinya di sekolah.

BACA: Camilan Sehat yang Bikin Perut ‘Stabil’ Jauh dari Rasa Lapar Selama Mudik

Kuncinya sederhana kok, yang terpenting bukan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi anak, melainkan seberapa baik kualitas makanan yang dimakan. Coba bunda pertimbangkan pilihan makanan di bawah ini yang dikenal punya kadar gizi yang tinggi demi dukung proses belajar anak.

Kacang Kenari

Kenari mengandung asam lemak, fosfor, dan omega 3 yang tinggi dan dapat merangsang fungsi otak. Oleh karena itu makan kenari dan kacang-kacangan lainnya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Tak hanya itu, kenari juga disebut bisa meningkatkan pemikiran kritis pada anak.

Pisang

Pisang menyediakan vitamin B dan C dalam jumlah besar. Namun, yang lebih penting, pisang menawarkan potasium dan tirosin. Komponen ini merangsang, antara lain, produksi neurotransmitter yang penting untuk proses kognitif, termasuk serotonin dan dopamin.

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di RumahAlpukat

Mengkonsumsi alpukat pada malam sebelum ujian akan memungkinkan anak untuk menghafal, belajar, dan bernalar sebaik mungkin. Terlebih lagi, alpukat juga kaya akan vitamin B dan C, potasium, dan magnesium. Makan alpukat dengan garam dan lemon dapat mengaktifkan fungsi sistem saraf.

Cokelat Hitam

Sebatang kecil cokelat hitam sebelum atau saat belajar akan membuat konsentrasi lebih mudah. Sama seperti kenari dan pisang, cokelat merangsang produksi endorfin. Selain membantu perkembangan saraf, endorfin juga membantu menjaga pikiran kita tetap waspada.

Apel

Di antara makanan yang paling baik untuk belajar, apel menjadi salah satu yang paling disukai. Berbeda dengan zat seperti kopi, buah ini membantu pikiran dan tubuh tetap terjaga tanpa konsumsi kafein berlebih.

Selain itu, bunda boleh kok memberikan camilan Permen Susu Milkita. Permen produksi Unifam ini dikenal sebagai panganan dengan kandungan gizi yang baik dari segelas susu. Selain jadi teman belajar, Permen Susu Milkita juga jadi solusi melengkapi gizi si kecil saat belajar. Cocok juga lho jadi ‘sangu bekal’ anak ke sekolah.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Bagikan Artikel