Artikel

Yuk Ketahui Kebiasaan Baik untuk Topang Pertumbuhan Tinggi Badan

Post pada 07 Feb 2023

Postur tubuh sering dijadikan bunda sebagai patokan pertumbuhan anak berkembang dengan baik. Cukup asupan makanan bergizi sampai aktivitas fisik. Meski tak jarang, faktor genetika turut mempengaruhi tinggi badan anak.

Tinggi badan anak terus berkembang di masa pertumbuhan dan akan berhenti di rentang usia 14 sampai 20 tahun. Agar pertumbuhan tubuhnya maksimal, bunda sebaiknya menularkan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk membantu menambah tinggi badan.

Kebiasaan apa saja yang perlu dilatih pada anak sejak dini agar tinggi badannya ideal?

1. Olahraga

Sebuah studi menyebutkan olahraga yang dapat membuat tubuh tinggi antara lain berenang, basket, voli, badminton, skipping, sampai lompat-lompatan di atas trampolin. Coba deh atlet olahraga yang disebutkan tadi, pasti punya postur tubuh yang  tinggi-tinggi bukan?

BACA: Contoh Aktivitas Fisik yang Dilakukan Anak di Rumah Tanpa Bunda Sadari

Sebagai langkah awal, bunda sebaiknya memulai kebiasaan mengajak anak berolahraga setidaknya satu jam dalam sehari. Selama aktivitas fisik ini, bantu anak latihan seperti push up, sit up, lompat tali, bersepeda atau berenang. Rangsang anak anak agar punya kebiasaan baik ini misalnya dengan mengganjar Pino Es Serut Buah. Rasa buah-buahannya yang menyegarkan dapat memulihkan fisik anak setelah berolahraga.

2. Latih postur yang baik

Kebiasaan lain yang perlu bunda bangun pada anak adalah melatih postur yang baik. Maksudnya adalah anak sebaiknya mulai belajar memerhatikan cara berdiri, duduk, dan tidur. Dengan memerhatikan hal ini, maka anak akan terbiasa untuk beraktivitas yang tidak berdampak pada perubahan postur tubuh yang jauh dari ideal.

3. Tidur cukup

Jangan abaikan durasi tidur anak agar pertumbuhan tubuhnya maksimal. Bagaimana pun, kebiasaan tidur yang cukup berkontribusi pada pertumbuhan tinggi badan. Anak-anak dalam rentang usia 6-7 tahun dianjurkan tidur sampai 10 jam per hari. Sedangkan usia 10-14 tahun rata-rata 8-9 jam per hari, dan tujuh jam sehari untuk usia anak dalam rentang usia 15-18 tahun.

4. Maksimalkan aktivitas di pagi hari

Ketika matahari masih belum meninggi, ajaklah anak untuk beraktivitas di luar ruang. Tujuannya agar anak terpapar dengan sinar matahari yang kaya akan Vitamin D. Vitamin D terbukti membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi si kecil.

BACA: Cara Taktis Asah Bakat Keterampilan Bercerita Anak Sejak Dini

5. Perhatikan asupan protein rendah lemak

Agar pertumbuhan tinggi tubuh yang optimal, bunda perlu memastikan si kecil mendapat protein yang dibutuhkan dalam pembentukan otot dan tulang. Protein itu bisa diperoleh dari makanan seperti ikan, kacang-kacangan, sampai produk susu rendah lemak.

6. Konsumsi vitamin dan mineral

Jangan lupakan juga kebutuhan vitamin dan mineral anak yang tengah masa pertumbuhan. Anak memerlukan asupan yang kaya akan Vitamin D, Vitamin A, dan kalsium yang berkontribusi pada kepadatan tulang.

Kesimpulannya, bunda turut berperan dalam mendorong anak melakoni kebiasaan yang dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya, terutama tinggi badan. Postur tubuh yang bagus dan ideal dapat membantu anak lebih percaya diri lagi.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel