Artikel

Akhir Pekan Panjang, Waktunya Aktivitas Seru Ayah dan Anak

Post pada 09 Feb 2024

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk family time loh Ayah dan Bunda. Apalagi jika akhir pekan panjang seperti sekarang. Nah, di weekend panjang seperti ini, Ayah yang biasanya sibuk bekerja setiap harinya, dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama si Kecil. 

Hal ini perlu dilakukan oleh Ayah agar si Kecil tidak “kehilangan” sosok Ayah dan juga mempererat hubungan antara ayah dan anak dengan menciptakan momen quality time bersama. Ada banyak aktivitas akhir pekan yang dapat Ayah lakukan bersama si Kecil, apalagi di long weekend seperti ini. 

Mulai dari liburan ke tempat-tempat wisata ataupun liburan ke luar kota sampai yang dapat dilakukan di sekitar rumah. Dalam melakukan kegiatan-kegiatan ini, Ayah dan Bunda pun dapat menyisipkan pesan-pesan penting untuk si Kecil. 

1. Liburan ke Pantai Bersama Keluarga

Berhubung sedang akhir pekan yang cukup panjang, tidak ada salahnya mengajak si Kecil dan anggota keluarga lainnya ke pantai. Menikmati indahnya laut dan juga menikmati matahari terbenam bersama-sama keluarga akan jadi momen yang menyenangkan. Selain itu, Ayah dapat mengajak si Kecil mempelajari hal-hal terkait lautan loh. 

2. Weekend Getaway bersama Keluarga ke Resort Bernuansa Alam

Selain pantai, Ayah juga dapat menghabiskan waktu akhir pekan yang agak panjang ini, bersama si Kecil dan juga anggota keluarga lain ke resort bernuansa alam. Liburan ke resort seperti ini juga untuk mengenalkan alam kepada si Kecil. Misalnya ke resort dekat kebun teh. Ayah dan si Kecil dapat menghabiskan waktu bersama berkeliling kebun teh dan juga menikmati segarnya alam seraya belajar tentang teh.  

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Keluarga di Bandung yang Keren untuk Liburan

3. Camping di Wisata Alam atau Di Sekitar Rumah

Aktivitas akhir pekan lainnya yang dapat dilakukan adalah mengajak si Kecil untuk berkemah bahkan saat ini banyak yang menawarkan glamping (glamorous camping) untuk staycation. Sekarang ini banyak tempat wisata yang menawarkan tempat kemah khusus. Atau jika tidak ingin jauh-jauh, ajak si Kecil berkemah di halaman rumah juga bisa kok. Dengan kegiatan berkemah bersama si Kecil, Ayah juga dapat mengajarkan banyak hal, seperti pentingnya kerjasama membangun tenda, memanfaatkan yang ada untuk menyalakan api dan lainnya. Jadi kegiatan akhir pekan Ayah dan si Kecil juga memiliki pembelajaran untuk si Kecil 

Baca juga: Cara Membangun Komunikasi antar Anggota Keluarga

Ide kegiatan akhir pekan di atas adalah ide yang membutuhkan budget yang tidak sedikit karena konsepnya liburan akhir pekan. Namun, menghabiskan waktu akhir pekan bersama anak dapat juga dilakukan dengan murah tapi meriah loh, seperti:

rekomendasi film keluarga disney
Rekomendasi Film Keluarga yang Wajib Ditonton

4. Menonton Film Bersama

Kalau misalnya tidak ingin liburan jauh-jauh, menonton film bersama bisa jadi pilihan aktivitas seru akhir pekan bersama si Kecil. Ayah dapat mengajak si Kecil menonton film yang inspiratif dan cocok untuk si Kecil. Selama menonton film bersama, Ayah juga dapat menjelaskan nilai-nilai dari film tersebut. Agar lebih menyenangkan, jangan lupa siapkan camilan sehat untuk menonton seperti Permen Susu Milkita Bites.

5. Bersepeda Keliling Komplek

Jika ingin aktivitas yang melibatkan fisik, bersepeda keliling komplek dapat jadi opsi juga untuk kegiatan akhir pekan ini. Ayah dapat mengajarkan si Kecil bagaimana mengendarai sepeda jika memang si Kecil belum dapat bersepeda. Atau keliling menikmati suasana komplek di pagi hari dengan sepeda bersama-sama. 

6. Bermain Game

Sekarang ini, si Kecil mungkin sudah terbiasa bermain game online atau bermain game lainnya. Nah, Ayah dapat menghabiskan akhir pekan kali ini dengan bermain game bersama. Dengan bermain game bersama, Ayah dapat lebih mengenal kesukaan si Kecil dan juga permainan yang biasa dimainkan bersama teman-temannya. 

Baca juga: Ide Kreatif untuk Kegiatan Bersama Keluarga

7. Aktivitas Olahraga Bersama

Selain bersepeda, aktivitas akhir pekan yang dapat Ayah lakukan bersama si Kecil adalah berolahraga bersama. Seperti jogging, renang ataupun jalan santai. Ayah dapat lakukan ini di sekitar kompleks rumah atau ajak ke arena lari terdekat. 

Dengan melakukan aktivitas akhir pekan bersama si Kecil, Ayah tentu dapat menjadi lebih dekat dengannya dan juga lebih mengenal si Kecil. Selain itu, Ayah juga dapat mengajarkan hal-hal yang mungkin belum diketahui si Kecil selama ini, seperti tentang dunia laut, alam bebas dan lainnya. 

Tentunya kegiatan akhir pekan bersama ayah dan anak akan jadi lebih menyenangkan lagi jika dilengkapi dengan camilan kesukaan. Jadi jangan lupa siapkan camilan sehat seperti Permen Susu Milkita Bites sebelum menjalankan aktivitas akhir pekannya. Ayah dapat membeli camilan ini di Shopee dan juga Tokopedia. 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel