Artikel

Nikmati Liburan Keluarga yang seru di Bandung: 15 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Post pada 14 Mei 2024

Hai Bunda! Liburan sekolah sebentar lagi tiba, nih. Sudahkah Bunda punya rencana untuk berlibur bersama keluarga tercinta? Kalau belum, Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat! Kota yang dijuluki “Kota Kembang” ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

15 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bunda tidak perlu bingung mencari tempat wisata yang pas. Berikut 15 rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung yang bisa Bunda jadikan referensi untuk liburan sekolah yang tak terlupakan:

1. Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata keluarga di  Bandung  yang tepat! Terletak di kaki Gunung Burangrang, Dusun Bambu menawarkan pesona alam yang indah dan suasana pedesaan yang asri. 

Tempat wisata alam dengan suasana pedesaan yang asri ini menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain outbound, bersepeda, memancing, dan menikmati kuliner khas Sunda. Di sini, Bunda dan keluarga juga bisa berfoto di spot-spot instagramable yang keren.

Baca juga: Ide Aktivitas Seru Ayah dan Anak di Akhir Pekan

2. The Great Asia Africa

Bunda ingin mengajak anak-anak berkeliling dunia tanpa harus keluar negeri? The Great Asia Africa di Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat! Taman wisata edukasi anak ini menawarkan miniatur landmark terkenal dari berbagai negara di Asia dan Afrika. 

Di sini, Bunda dan keluarga bisa berfoto di spot-spot instagramable serta belajar tentang budaya dari berbagai negara. The Great Asia Africa juga menyediakan berbagai wahana permainan yang seru dan menarik untuk anak-anak.

rekomendasi tempat wisata keluarga di bandung
The Asia Africa – salah satu rekomendasi temapt wisata keluarga di Bandung

3. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang  adalah tempat wisata keluarga di area Lembang yang menawarkan pengalaman unik: theme park bergaya Eropa dengan pemandangan menarik dengan berhawa sejuk. Tempat wisata ini cocok menjadi salah satu destinasi liburan bersama keluarga. 

Selain bangunan-bangunannya yang bergaya Belanda, Bunda bisa mengenakan kostum tradisional ala Belanda yang lucu bersama keluarga.

Selain terdapat banyak spot foto, si kecil  juga bisa memberi makan domba dan kambing, melihat proses pemerahan susu sapi segar, hingga mencoba permainan unik seperti hobbit slide. 

4. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Bunda ingin memanjakan diri dan keluarga dengan relaksasi di tengah alam yang indah? Maribaya Natural Hot Spring Resort bisa menjadi pilihan yang tepat! Tempat wisata ini menawarkan pemandian air panas alami dengan berbagai pilihan suhu, kolam renang yang jernih, dan pemandangan alam yang asri.

Di sini, Bunda dan keluarga bisa berendam di kolam air panas yang berkhasiat untuk kesehatan, menikmati pijat relaksasi yang menyegarkan, dan bermain air di kolam renang yang seru. Maribaya Natural Hot Spring Resort juga menyediakan berbagai pilihan kuliner yang lezat untuk mengisi perut setelah beraktivitas.

rekomendasi tempat wisata keluarga di bandung
Jendela Alam Bandung – salah satu tempat wisata keluarga di Bandung yang wajib dikunjungi

5. Jendela Alam

Sesuai namanya, Bunda bisa mengajak si kecil untuk bisa belajar banyak tentang alam, dari mencoba kegiatan berkebun, mengenal tanaman obat dan hidroponik, berinteraksi dengan kuda poni, kambing, rusa, dan bahkan reptil di sini. 

Jendela Alam mengusung konsep wisata edukasi, dimana pengunjungnya bisa mengikuti program permainan menangkap ikan, panen telur, hingga memetik tomat.  Selain itu, Jendela Alam juga punya banyak workshop yang pastinya bikin pengunjung makin kreatif dan mengenal alam. 

6. Lembang Park and Zoo

Kebun binatang dan taman hiburan ini cocok untuk Bunda yang ingin mengajak anak-anak melihat berbagai macam hewan. Salah satu yang paling keren di sini adalah Bird Aviary-nya, bukan cuma besar banget tapi juga memiliki banyak burung cantik di dalamnya.

Selain itu, Bunda bisa mengajak si kecil untuk makan siang bersama singa atau ngemil bareng kucing-kucing lucu di Neko Cat Cafe. Tempat wisata yang terletak di Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini memang menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Bandung yang cukup populer akhir-akhir ini.

Baca juga: Ternyata Liburan Sekolah Penting bagi Pertumbuhan Anak

7. Fairy Garden

Taman wisata dengan tema dongeng ini cocok untuk Bunda yang ingin membangkitkan imajinasi anak-anak. Di sini, Bunda dan keluarga bisa menjelajahi taman yang penuh dengan dekorasi dan patung-patung peri, bermain di berbagai wahana, dan menonton pertunjukan boneka.

Fairy Garden yang terletak di dalam kawasan The Lodge Maribaya. Sesuai namanya, Fairy Garden memang didesain agar pengunjungnya merasa seperti benar-benar masuk ke dunia para peri di dongeng-dongeng!

Baca juga: Permainan Stimulasi Working Memory Anak

8. Kota Mini Lembang

Tempat wisata edukasi ini menawarkan miniatur berbagai macam bangunan dan kendaraan dari berbagai negara. Di sini, Bunda dan keluarga bisa belajar tentang budaya dan sejarah dari berbagai belahan dunia.

Di tempat wisata yang  masih satu kawasan dengan Floating Market Bandung ini, si kecil bisa bisa belajar sambil bermain. Kota Mini Lembang menawarkan berbagai macam profesi untuk anak, dari polisi, pemadam kebakaran, koki, suster, hingga barista.

rekomendasi tempat wisata bandung untuk keluarga

9. Panama Park 825

Panama Park 825 merupakan salah satu taman bermain indoor terbesar di kota Bandung. Bunda tak perlu mengajak si kecil ke luar negeri untuk merasakan sensasi bermain salju, karena terdapat area Snow Park dengan suhu hingga -2 derajat. Si kecil bisa asik bermain salju. Gak perlu khawatir si kedinginan, karena pengunjung sudah difasilitasi dengan jaket, sepatu boots khusu dan sarung tangan agar tidak terlalu kedinginan saat memasuki area bermain.

Selain area Snow Park, tempat wisata yang ini juga memiliki banyak wahana permainan anak seperti sepeda anak, trampolin, seluncuran dan lain sebagainya.

10. Lembang Wonderland

Taman hiburan dengan berbagai wahana seru ini cocok untuk Bunda yang ingin mengajak anak-anak bermain dan bersenang-senang. Di sini, Bunda dan keluarga bisa mencoba berbagai wahana, seperti roller coaster, bianglala, dan carousel.

11. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung, taman hiburan indoor terbesar di Indonesia, siap menyambut Bunda dan keluarga untuk petualangan seru yang tak terlupakan! Di sini, Bunda dan anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai wahana seru dan menarik untuk segala usia.

Trans Studio Bandung bukan hanya taman hiburan biasa, tapi juga tempat belajar dan bermain yang ideal untuk si kecil. Di sini, anak-anak Bunda  akan mendapatkan pengalaman seru yang tak terlupakan dan belajar banyak hal baru, hingga bertemu karakter favorit mereka, para icon Zoocrew ada Monty, Monika, Maung dan Kenny.

rekomendasi tempat liburan bersama keluarga di bandung

12. Legok Kondang Lodge

Bunda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda bersama keluarga? Glamping Legok Kondang Lodge di Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat! Di sini, Bunda dan keluarga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang asri sambil merasakan kenyamanan glamping yang modern dan instagramable.

Bunda dan keluarga bisa menikmati berendam air panas di sini. Selain itu, di area glamping ini Bunda dan ayah bisa melakukan berbagai permainan seru bersama si kecil seperti bermain puzzle yang bisa membantu untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil.

13. Floating Market

Terletak  di kawasan pegunungan yang hijau, Bunda bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersantai di sekitar kolam atau berjalan-jalan di sekitar area Floating Market. 

Floating Market Lembang menawarkan suasana pasar yang unik, warung-warung yang menjajakan makan dan miniman berada di atas perahu-perahu kecil.  Terdapat berbagai macam makanan dan souvenir khas Bandung. Di sini, Bunda dan keluarga bisa berbelanja, mencicipi kuliner khas Bandung, dan berfoto di spot-spot instagramable.

Baca juga: Stimulasi Motorik Anak dengan Permainan Berikut

14. Pineus Tilu Camping Ground

Pineus Tilu Camping Ground di Pangalengan, destinasi wisata keluarga yang menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Tersembunyi di antara pepohonan pinus yang rimbun di pinggir sungai, tempat ini cocok untuk keluarga yang ingin bersatu dengan alam sambil menikmati udara segar pegunungan. Bunda dan keluarga dapat menikmati kegiatan seru seperti berkemah, memasak bersama di atas api unggun, serta menjelajahi alam sekitar. 

Baca juga: Tanamkan Cinta Lingkungan pada Anak dengan 7 Cara Berikut

Jangan lupa untuk menyiapkan bekal camilan kesayangan, Milkita Bites yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia. Serta siapkan juga cerita seru untuk malam di bawah bintang bersama keluarga tercinta. Ayo, buat kenangan indah di Pineus Tilu Camping Ground bersama-sama!

15.  Nimo Eye

Rekomendasi wisata keluarga terakhir ini merupakan salah satu wisata terbaru di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Bianglala tertinggi ini dibangun di tengah-tengah hamparan kebun teh, sehingga memberikan pengalaman liburan yang berbeda untuk Bunda dan keluarga. Bianglala ini memiliki ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mpdl). Dengan menaiki bianglala ini Bunda bisa melihat keindahan perkebunan teh yang luas, Situ Cileunca, hamparan awan dan kabut, serta pegunungan di sekitar Pangalengan.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung yang dapat Bunda kunjungi bersama keluarga tercinta. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda merencanakan liburan yang menyenangkan dan berkesan. Selamat berlibur!

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel