Artikel

Tidak Hanya Bangun Bonding, Bermain Puzzle Bagus untuk Bentuk Kecerdasan Buah Hati

Post pada 31 Okt 2023

Siapa sih yang tidak mengenal permainan puzzle? Bisa jadi, bunda sudah akrab dengan permainan ini. Selain mudah dan murah, bermain puzzle bersama si kecil dapat lebi menyenangkan dan seru. Dijamin pula, si kecil bakal menyukai puzzle.

Meski begitu, bermain puzzle ada tingkatannya. Ada baiknya bunda memilih puzzle yang sesuai dengan usia anak. Bila masih balita dan prasekolah, pilihlah gambar puzzle yang sederhana dan menarik perhatian. Ini penting agar anak mudah tertarik dan mudah menyelesaikan permainan.

Kemudian yang tak kalah penting, pilihlah gambar-gambar puzzle yang disukai anak. Bisa hewan, mobil-mobilan, tokoh kartun, dan lain-lain. Ini dimaksudkan agar anak termotivasi bermain karena semua gambar itu menarik perhatiannya.

BACA JUGA: Tips Mudah agar Manfaat Bermain Bareng Anak Makin Optimal 

Di samping bikin seru, permainan puzzle juga bermanfaat dalam tumbuh kembang anak. banyak pakar parenting menganjurkan bunda untuk mengajak anak bermain puzzle. Mau tahu alasannya? Simak di bawah ini ya.

Meningkatkan daya ingat

Inti bermain puzzle adalah menggabungkan beberapa potongan menjadi gambar yang utuh. Saat bermain, si kecil akan memaksimalkan daya ingatnya. Potongan gambar itu akan menjadi misteri yang harus dipecahkan si kecil. Termasuk juga menyusun potongan-potongan yang perlu disusun menjadi gambar utuh.

Menguji kesabaran

Permainan puzzle adalah permainan penuh misteri. Si kecil ditantang untuk menyusun sejumlah potongan untuk menjadi gambar utuh. Di sinilah kesabaran si kecil diuji. Dia akan tertantang untuk menyelesaikan permainan ini sampai tuntas.

Mengembangkan motorik

Seperti diketahui, permainan puzzle menuntut si kecil mengatur gerakan organ tubuh dan panca inderanya. Gerakan-gerakan yang berulang-ulang tersebut akan meningkatkan keterampilan dalam menggerakkan anggota tubuh.

Kenal dengan bentuk dan warna

Bermain puzzle berarti bunda langsung mengenalkan si kecil dengan bentuk dan warna. Termasuk di sini adalah huruf maupun angka. Alhasil, sejak dini si kecil sudah terbiasa dengan beragam aneka warna dan tulisan.

Melatih keterampilan menyelesaikan masalah

Seperti diungkap sebelumnya, puzzle adalah permainan misteri. Dia harus memecahkan masalah agar seluruh potongan dengan berbagai pola itu dapat tersusun sempurna menjadi sebuah gambar utuh. Di sinilah si kecil sudah melatih diri untuk menyelesaikan masalah yang menjadi bekal ketrampilan ke depannya.

BACA JUGA: Anak Rajin Beberes Rumah Sinyal Kuat akan Sukses di Masa Depan

Nah, sudah terbayang bukan manfaat dari permainan puzzle. Ayo bunda, segera ajak si kecil bermain puzzle. Jangan lupa, keseruan permainan makin bertambah bila ditemani Permen Susu Milkita Bites. Bahkan, produk andalan PT United Family Food ini bisa menjadi hadiah ketika anak berhasil menyelesaikan permainan.

Oh ya sebagai tambahan informasi, Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia  

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel