Artikel

Anak Rajin Beberes Rumah Sinyal Kuat akan Sukses di Masa Depan

Post pada 22 Sep 2023

Siapa sih yang enggak senang lihat anak rajin bantu beberes rumah. Entah itu menyapu, merapikan ruangan, sampai cuci piring. Nah, anak yang rajin di rumah ini ternyata bisa jadi sinyal bakal sukses di masa depan!

Ini bukan sekadar asumsi lho, tapi sudah terbukti secara ilmiah. Melalui riset pada Harvard Grant Study, terungkap ada hubungan positif antara kerajinan anak-anak pada pekerjaan domestik di rumah menjadi bekal untuk sukses di masa depan.

Studi itu menemukan fakta di mana mereka yang sering melakukan pekerjaan rumah tangga atau beres-beres rumah ketika kecil, akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses. Lebih jauh lagi, dia akan menjadi atasan yang baik di lingkungan kerja.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Peneliti menyebutkan bila anak-anak yang terdidik sejak kecil membantu pekerjaan di rumah akan lebih memahami cara berkolaborasi dengan rekan-rekan kerja nanti. Selain itu, mereka cenderung lebih piawai dalam membaca perasaan orang lain karena sering mengalami kesulitan sejak kecil.

Nah, studi ini menjadi bukti betapa si kecil sebaiknya mulai mengenal pekerjaan di rumah. Tentu saja, bunda mesti memilah-milah pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan usianya. Bunda bisa mengawali dengan membangun kesadaran si kecil terhadap kerapian kamar. Seperti meletakkan mainan pada tempatnya, merapikan tempat tidur sendiri, melipat selimut, dan sejenisnya.

Kemudian, bunda bisa memberi kepercayaan kepada si kecil untuk membantu pekerjaan rumah tangga yang lebih luas lagi. Misalnya membantu mencuci piring, menyiram tanaman di halaman, atau aktivitas bantu-bantu lain.

BACA: Tak Perlu Ragu Ajak Anak ke Pesta Pernikahan, Perhatikan 4 Hal Ini

Di samping akan membangun kepedulian terhadap beban pekerjaan domestik yang biasa bunda lakukan sehari-hari, pelibatan si kecil ini juga pastinya akan merangsang empati si kecil. Dia akan menjadi anak yang aktif dan tidak berdiam diri melihat bunda sibuk sendirian di rumah.

Bunda yang sering melibatkan anak membantu pekerjaan domestik di rumah sama saja berperan terhadap kesuksesannya di masa depan. Si kecil akan memahami sejak dini apa itu konsep bekerja dan nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas membantu pekerjaan di rumah.

Lagi pula, semua aktivitas membantu pekerjaan bunda di rumah menuntut ketrampilan dan memaksimalkan kemampuan motorik si kecil. Lihat saja bagaimana dia harus menggerakkan anggota badan dalam melipat selimut, mencuci piring, dan lain-lain.

Bunda pasti merasa senang dan terharu melihat si kecil begitu gesit dan peka terhadap pekerjaan rumah tangga. Boleh dong bunda siapkan Permen Susu Milkita sebagai hadiah untuk mengapresiasi usaha si kecil.

Permen Susu Milkita adalah permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Cocok nih dinikmati bersama-sama si kecil sebagai pelepas lelah usai beberes rumah!

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia  

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel