Artikel

Tips Mudah agar Manfaat Bermain Bareng Anak Makin Optimal

Post pada 02 Okt 2023

Bermain dengan anak adalah momen yang menyenangkan. Menyenangkan bagi si kecil dan bunda. Lebih-lebih bermain terbilang sebagai kegiatan yang penting untuk perkembangan si kecil. Lewat bermain, si kecil bakal belajar dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Bahkan bermain juga membangun keterampilan si kecil memecahkan masalah.

Singkatnya, bermain akan membangun kemampuan si kecil dalam berpikir kritis, melatih ingatan, sekaligus juga bermanfaat bagi perkembangan fisik. Lewat bermain, sensor motorik halus dan kasar akan terlatih.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Biar manfaat bermain bagi si kecil makin optimal, ada baiknya bunda mencermati beberapa tips di bawah ini.

  Bermain dengan rileks

Peran bunda sebagai pengarah dan memfasilitasi. Maksudnya, biarkan si kecil memilih sendiri jenis permainan yang disukai. Beri dia keleluasaan dan kendali secara penuh. Kemudian yang tak kalah penting, ringankan pikiran bunda sekaligus memberi perhatian penuh kepada anak saat bermain. Ini akan menciptakan kesan bila bunda adalah partner bermain yang menyenangkan bagi si kecil.

  Selalu ciptakan kesempatan bermain dengan si kecil

Baik bunda dan si kecil sama-sama punya waktu 24 jam dalam sehari. Dari sini, cobalah bunda selalu meluangkan waktu bermain bersama si kecil. Misalnya saja dengan meluangkan waktu selama 15-30 menit dalam sehari. Durasi itu sudah terbilang cukup untuk membangun bonding dengan anak melalui permainan. 

BACA: Anak sudah Kenal YouTube, Kenapa Tidak Dorong Anak Produksi Konten

  Perbanyak body contact

Saat bermain bersama si kecil, upayakan bunda selalu memperbanyak body contact. Skin to skin, eye to eye, dan heart to heart. Prinsip itu bisa dilakukan dengan mengusap kepala anak, mencium, membelai, dan saling bertatapan mata. Body contact yang dilakukan ini akan membuat si kecil merasa nyaman dan aman.

  Beri motivasi dan pujian

Ketika bermain, sering-seringlah sisipi dengan kalimat motivasi dan pujian. Misalnya saat anak mampu menyusun balok, responslah dengan pujian. Ini menandakan bunda selalu mengapresiasi setiap peningkatan yang si kecil tunjukkan. Jangan lupakan juga motivasi bila si anak merasa kesal saat bermain. Beri pemahaman kepadanya kalau aktivitas bermain itu disesuaikan dengan kemampuan dan usia si kecil.

Itulah bunda beberapa tips yang dapat dipraktikan saat mengajak anak bermain. Bermain adalah metode paling jitu dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Aktivitas bermain bakal lebih seru bila bunda menyajikan Permen Susu Milkita.

Permen Susu Milkita merupakan permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia  

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel