Artikel

Menjelajahi Dunia Bersama Anak: Daftar Film Inspiratif yang Mengajarkan Nilai Positif

Post pada 03 Jan 2024

Film bukan hanya hiburan semata, namun juga merupakan media pembelajaran yang efektif, terutama untuk anak-anak. Dengan cerita yang menarik, visual yang memukau, dan pesan moral yang mendalam, beberapa film dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga untuk membentuk karakter dan pemikiran anak. 

Nah, karena itu Bunda harus memastikan film yang ditonton itu termasuk dalam daftar film inspiratif yang dapat menjadi media pembelajaran si kecil. Berikut ini, Unifam akan berikan beberapa rekomendasi film inspiratif yang cocok untuk ditonton bersama. 

1. Menyelami Dunia Fantasi Bersama Mary Poppins Returns


Sejak dirilisnya pada tahun 1964, Mary Poppins tetap menjadi salah satu film klasik yang penuh pesan moral – tapi Bunda dapat juga menonton film versi terbarunya ya, yaitu Mary Poppins Returns (2018). Film ini termasuk film inspiratif yang mengajarkan pentingnya kerjasama dalam keluarga dalam menjalankan tugas rumah serta mengajarkan juga  bahwa kebaikan sederhana dapat membuat perbedaan besar. Selain itu, film ini juga mengajak anak-anak untuk ceria, kreatif dan juga bahagia dalam kondisi sederhana sekalipun. 

2. Keberanian dan Kemandirian dalam Mulan


Mulan, yang dirilis pada tahun 1998, menghadirkan tokoh wanita yang kuat dan penuh semangat. Film ini bisa menjadi film yang menginspirasi anak dalam mengejar cita-cita dan juga berbakti kepada orang tua dan keluarga tanpa memandang gender. Animasi berlatar belakang keluarga di Cina ini tidak hanya tentang petualangan, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keberanian, kemandirian, dan persahabatan. 

Baca Juga: Bagaimana Karakter Generasi Alpha? Ini Bunda Penjelasan Lengkap

3. Persahabatan Abadi dalam Toy Story Series


Toy Story merupakan animasi besutan Disney yang mengangkat kisah Woody dan kawan-kawannya sebagai mainan yang dimiliki oleh seorang anak laki-laki, Andy. Seriesnya sudah sampai yang ke-4 di mana Andy pun menyerahkan Woody dan kawan-kawannya ke anak kecil yang baru. Series ini mengajarkan banyak hal, seperti oyalitas, kerja sama, dan mengatasi ketakutan. Toy Story memberikan pesan bahwa persahabatan abadi dapat tumbuh dari kebaikan hati dan saling menghargai.

4. Membangun Keluarga dalam Keluarga Cemara


Keluarga Cemara adalah adaptasi film dari serial televisi yang berhasil menyuguhkan kisah keluarga dengan segala dinamikanya. Film ini mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kebersamaan, saling mendukung, dan menghargai nilai-nilai keluarga. Melalui perjalanan mereka, keluarga Cemara mengajarkan kita bahwa keluarga adalah tempat yang penuh cinta dan dukungan.

5. Pendidikan dan Perjuangan dalam Laskar Pelangi


Laskar Pelangi, berdasarkan novel karya Andrea Hirata, membawa penonton ke dunia pendidikan yang keras namun penuh semangat. Film ini mengajarkan anak-anak tentang arti pendidikan, keberanian, dan bagaimana mewujudkan impian melalui kerja keras dan keberanian. Laskar Pelangi memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk tetap semangat dalam mengejar pendidikan mereka.

Baca Juga: Ternyata Liburan Sekolah Penting bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

6. Kisah Mengharukan dalam Up


Up, film animasi yang dirilis pada tahun 2009, memberikan pelajaran tentang harapan, pengorbanan, dan bagaimana mencapai impian kita. Kisah Carl dan Russell tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga mengajarkan kepada anak-anak tentang nilai keluarga, perjuangan, dan ketabahan dalam menghadapi cobaan hidup.

7. Petualangan Anak-Anak dalam Petualangan Sherina


Petualangan Sherina adalah film Indonesia yang menggambarkan kegembiraan dan tantangan dalam kehidupan anak-anak. Melalui petualangan Sherina dan teman-temannya, film ini mengajarkan anak-anak tentang kejujuran, persahabatan, dan pentingnya bekerja sama. Petualangan Sherina menghadirkan kisah yang dapat memotivasi anak-anak untuk menjalani kehidupan dengan semangat dan kegembiraan.

Membimbing Anak Menuju Dunia Positif


Dalam memilih film untuk ditonton bersama anak-anak, penting untuk memperhatikan pesan moral yang disampaikan. Daftar film inspiratif di atas tidak hanya menghibur, tetapi juga membawa nilai-nilai positif yang dapat membimbing anak-anak menuju dunia yang lebih baik. 

Nah, biar lebih asik lagi menonton film bersama anak, Bunda bisa menyiapkan camilan sehat yang pasti disukai oleh mereka. Berikan Permen Susu Milkita Bites. Kemungkinan si kecil sudah mendapatkan informasi lebih dulu tentang Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. 

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel