Artikel

Bagaimana Karakter Generasi Alpha? Ini Bunda Penjelasan Lengkap

Post pada 13 Des 2023

Generasi Alpha adalah sebutan anak-anak yang lahir di atas tahun 2010. Menurut Forbes, tahun 2010 merupakan tahun perkembangan teknologi bersamaan dengan dirilisnya iPad dan Instagram. Artinya, mereka adalah anak yang tumbuh bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Ketika anak-anak masuk golongan generasi Alpha, maka bunda bisa jadi adalah generasi milenial yang secara umum dikenal sebagai pengguna digital atau digital savvy. Rata-rata, kini generasi milenial sudah menjadi orangtua dan generasi Z masuk ke tahapan dewasa muda.

Agar lebih mengenal si kecil yang masuk generasi Alpha, maka bunda ada baiknya memahami karakternya secara umum. 

  1. Paham teknologi

Bunda bisa saja sejak lahir sudah mengenal dunia digital, tapi generasi Alpha menjadi generasi yang pertama yang memiliki integrasi teknologi yang mulus dari setiap sendi kehidupan. Dia akan punya keterampilan teknologi yang lebih maju ketimbang bunda. 

  1. Kenal Artificial Intelligence

Bunda pasti sudah berinteraksi dengan Siri, Alexa, maupun Google Assistance dalam kehidupan keseharian. Lain halnya dengan generasi Alpha di mana mereka menilai Artificial Intelligence adalah sesuatu yang natural dan mendominasi realitas keseharian.

BACA JUGA: Tips Mudah Dorong Anak Kuasai Keterampilan Public Speaking

  1. Personalisasi dalam pembelajaran

Duduk diam dan menatap guru di depan kelas sudah bukan gaya pembelajaran generasi Alpha. Itu sudah masa lalu. Generasi Alpha akan belajar dengan kecepatan mereka masing-masing dengan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Itulah mengapa sekarang sekolah-sekolah sudah mulai mendesain ruang kelas dan modul belajar yang relevan dengan tuntutan mereka. 

  1. Akrab dengan media sosial

Kapan pun dan di mana pun mereka mau berinteraksi, maka media sosial adalah jembatannya. Maka itu, ini bisa jadi masalah karena kadang-kadang generasi Alpha suka mengukur penerimaan dirinya di lingkungan sosial tergantung pada seberapa banyak mereka disukai secara online. 

  1. Sulit menaati peraturan

Kencangnya perkembangan teknologi dan makin kuatnya digitalisasi akan membuat mereka memiliki energi yang sulit ditahan. Dunia digital membuat mereka terhubung tanpa batas dengan perspektif yang begitu luas.

  1. Aktivitas masa kecil

Generasi Alpha hidup dalam dunia yang penuh dengan stimulasi kognitif sehingga mereka menuntut lebih banyak struktur dalam keseharian agar tidak mudah gelisah. Beda dengan bunda yang masuk generasi milenial cenderung menikmati masa bermain di luar ruang maupun bisa menghabiskan waktu tanpa melakukan apa pun.

Itulah beberapa karakter yang perlu bunda memahami dalam mendampingi tumbuh kembang si kecil yang masuk golongan generasi Alpha. Bisa jadi, dalam urusan camilan, si kecil jauh lebih banyak ketimbang bunda.

BACA JUGA: Ketahui Segudang Manfaat Playdate dalam Tumbuh Kembang Anak

Seperti Permen Susu Milkita Bites. Kemungkinan si kecil sudah mendapatkan informasi lebih dulu tentang Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Bila si kecil sudah tahu tentang Permen Susu Milkita Bites, tentu bunda senang karena produk itu kaya akan kandungan susu.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel