Artikel

Tips Mudah Dorong Anak Kuasai Keterampilan Public Speaking

Post pada 10 Des 2023

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Itu konsepnya. So, si kecil pun juga mahir memamerkan keterampilan public speaking sepanjang dilatih bunda. Melatih keterampilan public speaking sejak dini bagus lho untuk si kecil. Dia akan lebih percaya diri dan berani tampil di depan orang lain.

Pertanyaan kuncinya, bagaimana cara melatih si kecil mahir public speaking? Nah ini nih ada ilmunya yang dikutip dari Speaking School AustralAsia. Mari bunda, pelajari bersama tipsnya.

Bebaskan anak untuk menentukan topik

Ingat bunda, anak selalu dikaruniai imajinasi yang luar biasa. Bisa jadi, imajinasi ini jauh dari yang bunda kira. Biarkan imajinasi si kecil menuntunnya sebagai topik pembicaraan. Entah itu hobi, mainan, hewan peliharaan, camilan kesukaan, dan lain-lain.

Ketika anak mendapat kebebasan untuk menentukan topik pembicaraan, sama halnya memberinya kepercayaan. Pastinya dia pun akan memilih topik yang sesuai minat dan kesukaannya sehingga akan lebih antusias.

Jadi audiens

Inti dari public speaking sejatinya adalah berbicara atau bercakap-cakap di depan orang banyak. Sebagai langkah awal, bunda bisa menjadi audiens terlebih dulu. Baru ajak ayah, kakak atau adik, bahkan kakek dan nenek.

Kemudian perlahan-lahan, dorong anak bercakap-cakap di depan teman-teman atau gurunya. Cara ini akan membuat anak terbiasa berbicara di depan orang banyak. Dengan begitu, si kecil sudah bisa mengatasi rasa gugupnya.

Salah bicara itu biasa

Betul, tata bahasa yang baik adalah elemen penting dalam komunikasi. Meski begitu, abaikan dulu hal ini. Si kecil tidak perlu dituntut untuk menguasai tata bahasa yang ideal. Lebih baik biarkan dia fokus pada topik atau isi percakapan. Bila perlu, ajari si kecil untuk terlebih dulu membuat ringkasan poin-poin yang akan disampaikan. Ini akan membantu si kecil berbicara lebih runut.

Setting ruangan

Tantangan terbesar si kecil dalam bercakap-cakap di depan umum adalah ruangan. Kadang kala ruangan besar dan penuh orang bisa mengintimidasi si kecil. Dia akan langsung gugup dan cemas. Bunda dapat mengatasi masalah ini dengan mengajak si kecil berimajinasi kalau dia sedang berada di suatu ruangan besar.

Bila perlu, bunda dapat memvisualisasikan ruangan seperti ballroom atau arena. Atur perabotan yang diposisikan seolah-olah seperti panggung, podium, kursi dan pengeras suara. Lalu tambahkan boneka kesayangannya yang berperan sebagai penonton. Ini adalah cara untuk mengatasi kecemasan dan kegugupan si kecil.

Agar lebih menarik, melatih anak menguasai keterampilan public speaking bisa banyak cara lain lho. Misalnya dengan memberi tantangan anak untuk berceramah, menyampaikan presentasi, stand up comedy, dan lain-lain.

Bunda bisa saja mengundang teman-temannya agar kegiatan ini lebih seru dan mengasyikkan. Jangan lupa juga menyiapkan Permen Susu Milkita Bites sebagai panganan saat anak berkumpul bersama teman-temannya.

Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

 

 

 

 

Bagikan Artikel