Artikel

Ajak Anak Berwisata Kuliner Bukan Sekadar Makan-makan

Post pada 11 Nov 2023

Bunda punya ide ajak si kecil berwisata kuliner? Ide bagus bunda! Coba saja rencanakan jadual di akhir pekan untuk mengajak si kecil mencicipi aneka ragam makanan. Selain bangun quality time bareng si kecil, wisata kuliner akan mendorong anak banyak belajar mengenal aneka rasa dan wawasan anak budaya lokal.

Hanya perlu ditekankan, bunda ada baiknya mendiskusikan terlebih dulu dengan si kecil terkait rencana tersebut. Ini sejalan dengan anjuran Food blogger di Healthy Little Foodie, Amy Whiteford agar bunda menjelaskan terlebih dulu lokasi yang akan dikunjungi dan jenis makanana apa saja yang tersedia.

BACA JUGA: Persiapan Sebelum Ajak Anak Ikutan Car Free Day 

Artinya, si kecil juga berhak untuk menentukan lokasi dan jenis makanan yang dikehendakinya. Jadi bukan melulu selera bunda. Agar lebih afdol mengapa si kecil perlu diajak wisata kuliner, berikut beberapa manfaatnya.

  1. Bikin si kecil berani mencoba makanan baru

Dengan berwisata kuliner, maka si kecil akan belajar mengenal aneka ragam makanan baru. Ini akan membuat anak punya pengalaman dengan aneka jenis makanan. tentu saja bunda juga turut andil untuk menjelaskan terlebih dulu jenis makanan tersebut agar si kecil tidak kaget. 

  1. Pengalaman baru

Makan di luar adalah pengalaman yang penting bagi si kecil. Misalnya saja lokasi, pilihan menu, makan di tempat umum, sampai atraksi-atraksi unik yang biasa ditampilkan di lokasi wisata kuliner.

  1. Kenalkan makanan sehat

Mengajak si kecil berwisata kuliner dengan sendirinya adalah jurus bunda mengenalkan makanan-makanan sehat. Seperti mengajak si kecil ke kedai pecel sayuran, gudeg khas Yogya, gado-gado, dan sejenisnya. Dengan makan di luar, si kecil akan terbawa atmosfir tempat kuliner tersebut. Praktis, dia akan mudah belajar membedakan makanan sehat dan sebaliknya. 

  1. Anak jauh dari karakter picky eater

Tujuan dari wisata kuliner adalah membuat anak punya wawasan tentang makanan. Dia berkesempatan mencoba aneka makanan baru yang ditawarkan. Harapannya, dia bisa belajar menerima berbagai jenis makanan. Cara ini bisa menekan anak tidak menjadi picky eater atau pemilih makan. 

  1. Dorong perkembangan panca indra

Tekstur, aroma, bentuk, dan warna makanan dengan sendirinya akan merangsang pertumbuhan panca indra si kecil. Utamanya adalah indra perasa. Dia terbiasa membedakan rasa asin, manis, asem, dan pahit melalui makanan. termasuk juga dia bisa belajar mengenal makanan melalui aromanya.

BACA JUGA: Kenapa Bunda Perlu Ajak Si Kecil Main Dokter-dokteran?

Dalam perjalanan menuju lokasi wisata kuliner, bunda bisa menyiapkan camilan seperti Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. Kemasannya pun praktis.

So, bunda sudah siapkan agenda di akhir pekan untuk berwisata kuliner bersama buah hati?

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel