Artikel

Kenapa Bunda Perlu Ajak Si Kecil Main Dokter-dokteran?

Post pada 08 Okt 2023

Banyak faktor yang membuat si kecil cemas menemui dokter. Takut disuntik, tak mau ketemu orang asing, cemas diberi obat yang rasanya pahit, dan lain-lain. Ada pula rasa trauma yang dialami si kecil sebelumnya saat berinteraksi dengan dokter.

Kecemasan yang ditunjukkan si kecil sebenarnya wajar. Tapi, kecemasan ini bisa menghambat proses kesembuhan si kecil. Mungkin di saat bersamaan, bunda tidak memvalidasi kecemasan itu dan tidak memberi penjelasan yang memuaskan si anak terkait alasan pergi ke dokter.

Agar kecemasan si kecil terhadap dokter tidak berlarut-larut, bunda perlu memikirkan strategi jitu. Paling penting adalah memberi pemahaman positif tentang berobat ke dokter. Tentu saja tidak hanya melalui kata-kata yang panjang, tapi juga dalam bentuk aksi.

Salah satu aksi yang bisa bunda lakukan adalah mengajak si kecil bermain dokter-dokteran. Bunda bisa menawarkan si kecil, siapa yang berperan sebagai dokter dan siapa sebagai pasien. Atau bisa pula dengan opsi bergantian.

Jangan lupa, sebaiknya siapkan perangkat mainan dokter-dokteran agar makin menyenangkan. Ada begitu banyak mainan alat kedokteran. Tak perlu yang mahal, tapi cukup merepresentasikan alat yang biasa dokter pakai.

BACA: Memang Bukan Perkara Gampang Kenalkan Si Kecil Konsep Kegiatan Makan 

Permainan dokter-dokteran akan membuka wawasan baru si kecil tentang berobat ke dokter. Cara ini terbilang ampuh agar si kecil akrab dan dekat dengan profesi dokter. Bahkan bisa jadi si kecil akan bercita-cita sebagai dokter kelak kala dewasa. Di mata si kecil, dokter adalah orang hebat yang dapat menyembuhkan penyakit!

Benefit dari main dokter-dokteran tidak hanya sebatas itu, tapi banyak lagi. Di samping citra negatif dokter perlahan-lahan sirna, berikut manfaat lain dari aktivitas bermain dokter-dokteran bareng anak.

Utamanya adalah melenyapkan ketakutan alamiah anak terhadap dokter. Lalu, permainan ini juga dapat menanamkan rasa empati dan simpati si kecil terhadap profesi dokter. Dia akan menilai dokter adalah pekerjaan mulia karena membantu orang yang sedang kesusahan.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kreativitas dan wawasan si kecil. Dia mulai tahu alat-alat kedokteran seperti stetoskop, alat pengukur tensi darah, resep, dan sejenisnya. Tentu saja, ini menambah ilmu bagi si kecil.

BACA: Si Kecil Alami Stranger Anxiety Itu Wajar, Ini Cara Atasinya 

Kemudian yang tak kalah penting, permainan dokter-dokteran akan mendorong rasa ingin tahu dan memancing anak menerapkan pola hidup sehat. Dia akan lebih banyak tahu penyebab seseorang jatuh sakit.

Atas dasar itulah, banyak pakar parenting yang menyarankan agar si kecil diajak main dokter-dokteran. Permainan ini tidak hanya sebatas permainan yang menyenangkan belaka tapi ada manfaat yang tak kasat mata.

Lebih asyik lagi saat main dokter-dokteran, bunda menyajikan Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Dengan kemasan yang praktis, permen berukuran bite-sized dengan tekstur yang unik dan rasa yang enak ini dijamin asik untuk dinikmati bersama. Milkita Bites tersedia dalam tiga varian rasa nikmat dalam setiap kemasannya, yaitu rasa strawberry, melon dan coklat. 

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel