Artikel

Ajak Anak ke Perpustakaan Tak Sekadar Soal Literasi tapi juga Sarana Rekreasi

Post pada 11 Sep 2023

Tiap tanggal 14 September selalu diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Ini adalah hari istimewa untuk mengingatkan betapa pentingnya kegiatan literasi. Mumpung momennya pas, ini bisa menjadi pengingat bunda akan pentingnya literasi bagi si buah hati.

Ada banyak manfaat penting kenapa mengajak anak ke perpustakaan. Utamanya adalah menumbuhkan kegemaran membaca. Bunda pasti pernah dengar bukan slogan Buku Adalah Jendela Dunia!

Ini saatnya bunda bergerak agar minat membaca anak dapat meningkat. Dengan membaca, wawasan buah hati akan menjadi luas yang dengan sendirinya akan berpengaruh pada kualitas dirinya.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Boleh dong kalau anak-anak mulai dibiasakan berkunjung ke perpustakaan sejak dini. Ada banyak hal yang diperoleh bila ritual ke perpustakaan selalu bunda terapkan bersama buah hati tercinta. Coba simak di bawah ini ya.

 Dorong anak makin pintar

Sudah terbukti secara ilmiah bila membaca akan membantu perkembangan otak, khususnya dalam lima tahun pertama kehidupan sei kecil. Dengan membaca, sel-sel kotak si kecil akan menjadi lebih aktif. Membaca juga merangsang si kecil meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dan literasi terhadap dunia sekelilingnya.

Mendidik anak tanggung jawab

Tujuan ke perpustakaan tidak hanya sekadar membaca, tapi juga melatih anak berdisiplin dan bertanggung jawab. Seperti diketahui, arena perpustakana memiliki aturan yang harus dipatuhi. Seperti dilarang berisik dan membuat kegaduhan. Selain itu, si kecil juga harus bertanggung jawab terhadap buku yang dipinjam dan mengembalikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Si kecil akan memahami bila buku-buku di perpustakaan adalah milik publik yang harus dijaga dan dirawat. 

Meningkatkan ketrampilan bersosialisasi

Mengajak buah hati ke ruang membaca khusus anak akan membuatnya belajar bersosialisasi. Dia akan bertemu dengan teman sebaya maupun yang lebih tua umumrnya. Anak juga belajar bertenggang rasa dan menghormati orang lain saat di perpustakaan yang merupakan ruang publik.

Mendorong anak lebih imajinatif

Membaca akan membuat daya imajinatif anak lebih aktif. Dia akan mencoba memvisualisasikan bacaan dalam bentuk karakter, tempat, dan gambaran dari kalimat yang dibaca. Ini akan berdampak positif dalam perkembangan buah hati, terutama dalam hal kreativitas yang nantinya diperlukkan di masa yang akan datang.

Setidaknya empat poin di atas menjadi jawaban kenapa mengajak anak ke perpustakaan masuk kategori penting. Bukan sekadar mengasah intelegensia saja tapi juga sebagai sarana rekreatif. Lagi pula, mengajak anak ke perpustakaan tidak memerlukan biaya.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Bunda cukup membekali si kecil dengan Permen Susu Milkita sebagai camilan. Ini adalah permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. Ayo bunda, segera ajak anak ke perpustakaan.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel