Artikel

Aktivitas Sederhana Bangun Jiwa Nasionalisme Si Kecil Sejak Dini

Post pada 24 Agu 2023

Masih dalam nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia, ada satu lagi yang perlu bunda perhatikan. Apalagi kalau bukan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan kebanggaan kepada bangsa negara.

Paling mudah adalah mengenalkan tokoh kepahlawanan. Bukan sekadar itu tapi juga jiwa kepahlawanan yang perlu ditanamkan kepada buah hati. Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar buah hati dapat banyak belajar tentang sejarah terhadap Indonesia. 

  1. Bercerita tentang perjuangan pahlawan

Mengenalkan anak terhadap perjuangan pahlawan dapat dilakukan melalui buku bergambar. Buku gambar menawarkan visual yang menarik sehingga anak lebih antusias dan tidak monoton. Selain itu, sebaiknya pilih pahlawan yang relevan dengan usia anak sehingga mudah dipahami.

Kemudian bunda dapat menarik cerita kepahlawanan itu pada konteks kekinian. Misalnya bila dulu pahlawan mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, kini buah hati juga tetap harus berjuang memberi yang terbaik kepada bangsa. Bisa dengan melalui talenta yang dimiliki maupun melalui akademik.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil 

  1. Berkunjung ke tempat sejarah

Bunda dapat menawarkan si kecil untuk berkunjung ke tempat sejarah. Mulai dari monumen, museum, atau gedung-gedung bersejarah yang banyak bertebaran di berbagai kota. Ajak anak untuk aktif saat menyambangi tempat bersejarah. Misalnya dengan menceritakan kembali sejarah dan apa saja yang diketahuinya dari dari tempat itu.

Bahkan bila perlu, bunda dapat memberi tantangan kepada si kecil untuk menggambar atau menceritakan kembali riwayat tempat bersejarah itu. Dengan demikian, si kecil tidak bersikap pasif dan sekadar melihat-lihat saja.

Satu lagi, biar makin enjoy dan asyik saat berkunjung ke tempat bersejarah, bunda dapat membekali si kecil dengan camilan seperti Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar & chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.Dengan kemasan yang praktis tinggal di kantongin aja, permen berukuran bite-sized dengan tekstur yang unik dan rasa yang enak ini dijamin asik buat dibagi-bagi bareng teman dan keluarga.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

  1. Ajak menonton film perjuangan

Biasanya rumah produksi film sudah menyiapkan tontotan film yang sesuai dengan atmosfir kemerdekaan. Sebut saja Kartini, Soekarno, Merah Putih, Jenderal Soedirman, dan lain-lain. Yang terbaru adalah Sang Kiai yang rilis di tahun ini.

Film bergenre perjuangan dan kemerdekaan ini dapat merangsang si kecil untuk merefleksi diri meneruskan cita-cita perjuangan pahlawan mencapai kemerdekaan di masa kini.

Nah itu beberapa saran dalam mendidik si kecil mencintai bangsa dan negara. Lalu yang tak kalah penting lagi adalah menanamkan daya juang dan tak kenal putus asa kepada si kecil seperti yang ditunjukkan para pahlawan kemerdekaan.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel