Artikel

Berpuasa Tidak Hanya Melatih Si Kecil Menahan Lapar dan Haus

Post pada 20 Mar 2023

“Bunda, aku puasa ya! Aku kuat nahan lapar sama haus!”

Hati bunda mana yang tak luluh mendengar si kecil sudah punya tekad berpuasa. Pasti bikin bangga bukan? Nah, sebenarnya berpuasa tidak semata-mata berhubungan dengan menahan lapar dan haus saja. Ada banyak manfaatnya lho bagi si kecil!

Yup, betul. Bagi anak-anak, berpuasa mungkin hanya sekadar tidak makan dan minum dalam durasi tertentu. Tapi bila mau ditelaah lebih jauh, ada begitu banyak manfaat puasa bagi si kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Apa saja itu?

1. Saluran pencernaan makin sehat

Dari kaca mata medis, proses pencernaan makanan di tubuh berlangsung selama delapan jam. Tapi di hari-hari biasa, proses itu tidak menjadi ideal karena selang waktu makan kurang dari delapan jam. Mudah ditebak, tubuh akan mengalami penimbunan zat-zat makanan yang tak diperlukan. Akhirnya, sisa zat makanan itu dapat berpotensi menjadi racun bagi tubuh. Lewat puasa, maka tubuh akan mengalami detoksifikasi sekaligus regenerasi sel-sel tubuh.

2. Kekebalan tubuh meningkat

Ketika si kecil berpuasa maka terjadi peningkatan limfosit sampai sepuluh kali lipat. Perlu diketahui, limfosit adalah pusat kekebalan tubuh yang memproteksi dari ancaman virus, kuman, jamur, dan bakteri. Bunda sendiri merasa makin sehat bukan ketika berpuasa?

3. Dukung kesehatan mental si kecil

Ahli agama selalu menekankan, puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menjauhi perbuatan buruk yang lain. Misalnya menahan amarah, mengelola emosi, dan belajar menunda keinginan. Saat berpuasa, si kecil akan melatih diri menjadi pribadi yang sabar, tenang, dan santun. Dia juga terlatih untuk menjaga lisan dan jujur.

4. Makin disiplin

Berpuasa akan secara langsung membentuk anak lebih disiplin. Dia harus bangun sahur saat dini hari dan istirahat di siang hari. Termasuk juga disiplin saat makan dan minum. Kemudian  yang tak kalah penting, dia juga terlatih dalam hal disiplin dalam beribadah sehari-hari.

5. Bangun rasa empati yang tinggi

Rasa lapar dan haus yang dirasakan si kecil juga akan memudahkan belajar berempati terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Jiwa sosialnya akan terbangun karena merasakan sendiri penderitaan yang dialami orang-orang kurang beruntung itu.

6. Membentuk pola makan yang baik

Berpuasa turut berkontribusi membentuk pola makan yang teratur. Selama sebulan penuh, si kecil terbiasa untuk makan dalam jadual yang sudah ditentukan. Ini akan membuatnya makin sehat dan paham betapa pentingnya asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Seperti makin paham kenapa saat berbuka dengan Pino Es Serut Buah membuat tubuh kembali segar. Ternyata Pino Es Serut Buah dapat mengembalikan dehidrasi dan kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Manfaatnya begitu banyak kan bunda? Maka itu, banyak yang menganjurkan agar anak-anak sudah dilatih berpuasa sejak dini. Hanya perlu ditekankan di sini, latihan puasa bagi anak berbeda dengan orang dewasa. Lagi pula, mendidik anak berpuasa tetap harus melalui pendekatan tertentu mengingat kemampuannya berbeda dengan orang dewasa.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel