Artikel

Buah Hati Tasya Kamila Terdampak Polusi Udara, Bunda Harus Waspada

Post pada 21 Agu 2023

Polusi udara di langit Jabodetabek memang bikin cemas. Lebih-lebih polusi udara dapat mengganggu kesehatan si kecil. Terbukti lho, Tasya Kamila merasakan sendiri dampak dari polusi udara terhadap buah hatinya.

Lewat akun Instagram pribadi, Tasya Kamila mengakui buah hati tercintanya menjadi korban polusi udara. “Bulan lalu, Shanin batuk pilek indikasi alergi sampai 1 bulan baru mereda. Selain minum obat, terapinya 6 kali inhalasi di RS+10 kali inhalasinya di rumah,” tulis Tasya berbagi cerita lewat akun Instagram pribadi.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Bukan hanya Shanin, si sulung yang bernama Arrasya pun juga mengalami sakit batuk pilek dan terindikasi alergi. Gara-gara terkena gangguan kesehatan, Arrasya pun terpaksa harus absen selama seminggu dari sekolah.

Apa yang dialami Tasya bisa jadi juga dialami bunda. Muncul rasa kekhawatiran kesehatan buah hati akan terganggu akibat buruknya polusi udara. Kekhawatiran makin menjadi setelah pakar kesehatan menyebut polusi udara dapat berkontribusi anak mengalami masalah stunting.

Tentu saja bunda tak boleh berpangku tangan. Ada langkah-langkah  yang dapat bunda lakukan untuk menekan dampak polusi udara mengganggu kesehatan anak. Apa upaya untuk mengatasinya? 

  1. Menjaga kelembaban udara

Rumah adalah tempat di mana si kecil banyak menghabiskan waktu. Maka itu, bunda sebaiknya memerhatikan kadar kelembaban di rumah. Bila terlalu lembab akan memancing jamur dan tungau. Sebaliknya bila terlalu rendah dapat memicu iritasi saluran pernafasan. Maka tidak ada salahnya bila rumah dilengkapi dengan penyaring udara. Atau bisa pula meletakkan tanaman yang dapat berperan sebagai filter udara seperti tanaman bunga Lily maupun Lidah Mertua. 

  1. Usahakan beraktivitas dalam ruang

Sebaiknya bunda dan si kecil lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Langkah pembatasan ini bertujuan agar tidak terpapar polusi udara di luar ruang. Biar si kecil betah, tak masalah bunda menyiapkan camilan seperti Pino Es Serut Buah. Selain menyegarkan karena dikonsumsi dalam kondisi beku setelah disimpan di kulkas, Pino Es Serut Buah juga kaya akan vitamin. Bisa pula pilihannya adalah Permen Susu Milkita yang memiliki kandungan baik dari susu.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan 

  1. Jaga kesehatan dan kebersihan

Gangguan kesehatan akibat polusi udara dapat diminimalisir sepanjang stamina tubuh si kecil terjaga. Maka itu bunda juga mesti memerhatikan asupam makanan si kecil. Jangan abai juga dengan kebersihan.

Mencegah lebih baik dari mengobati. Nah, prinsip ini yang perlu diaplikasikan bunda agar si kecil tidak terdampak terhadap polusi udara. Selain itu, bunda juga perlu memberi penjelasan kepada si kecil bagaimana caranya agar terhindar dari efek negatif udara yang sudah terpapar polusi.

 Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel