Artikel

Bunda Bisa Contoh Bill Gates dan Steve Jobs yang Batasi Anak Main Gadget

Post pada 29 Agu 2023

Steve Jobs dan Bill Gates adalah dua kampiun teknologi di jagad raya. Meski berkompetisi satu sama lain, tapi ada satu kesamaan dari keduanya. Kesamaannya adalah membatasi anak-anaknya main gadget.

Dalam suatu kesempatan, Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft, bilang bila gadget akan mengganggu kesehatan buah hatinya. Selain itu, juga membuat anak asyik sendiri karena menghabiskan banyak waktu menatap layar.

Kekhawatiran Steve Jobs maupun Bill Gates akan dampak gadget terhadap kesehatan anak dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan JAMA Pediatrics. Studi yang melibatkan anak-anak usia setahun itu menemukan fakta hubungan antara lamanya screen time dengan keterlambatan perkembangan anak.

Dalam studi ini dijelaskan bahwa satu hingga empat jam screen time per hari pada usia 1 tahun dikaitkan dengan risiko keterlambatan perkembangan yang lebih tinggi. Keterlambatan itu mencakup masalah komunikasi, motorik halus, dan kemampuan anak menyelesaikan masalah. Bahkan studi itu juga menyebut screen time yang terlalu lama membuat anak mengalami gangguan ketrampilan sosial.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Studi ini dapat dipertanggungjawabkan karena berlangsung bertahun-tahun dengan melibatkan anak dan ibu di 50 klinik kebidanan di Jepang. Studi dimulai sejak Juli 2013 hingg Maret 2017.

Kesimpulan sama juga terungkap dari studi yang berbeda. Kali ini dilakukan peneliti di Irlandia yang menemukan fakta di mana anak yang menghabiskan waktu dengan gadgdet berpotensi mengalami miopi. Miopi adalah kondisi di mana bola mata terlalu panjang atau mata berfokus terlalu kuat sehingga berisiko mengalami gangguan pada mata.

Sebenarnya tidak ada aturan baku berapa lama anak bermain-main dengan gadget. Setidaknya studi itu dapat menjadi referensi bunda untuk mengkreasikan aktivitas tanpa melibatkan gadget.

Banyak kok kegiatan yang dapat bunda lakukan bersama si kecil. Bermain bersama adalah cara paling efektif ketimbang membiarkan si kecil berlama-lama dengan gadgetnya.

Biar moderat, bunda bisa pula membuat aturan main kepada si kecil saat bermain gadget. Misalnya dengan membatasi waktu, tentukan jadual bermain gadget, atau bisa juga membuat area larangan bermain gadget.

Paling afdol adalah bunda meluangkan lebih banyak waktu untuk mengajak anak bermain. Tentu saja permainan yang disukai anak sekaligus menantang. Terus biar anak juga makin hepi, tak ada salahnya menyiapkan Permen Susu Milkita Bites.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Dengan kemasan yang praktis tinggal di kantongin aja, permen berukuran bite-sized dengan tekstur yang unik dan rasa yang enak ini dijamin asyik sebagai teman bermain bersama anak.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel