Artikel

Bunda Setuju Bila Ada Studi Sebut Bermain Video Game Bagus untuk Perkembangan si Kecil?

Post pada 06 Des 2023

Video game sering diasosiasikan berdampak buruk pada anak. Mulai malas bergerak sehingga berpengaruh pada tumbuh kembangnya hingga memicu masalah sosial lantaran anak senang menyendiri.

Terlepas adanya kekhawatiran itu, tapi bila menggunakan sudut pandang yang lain ternyata bermain video game ada manfaatnya. Ini bukan sebatas klaim semata melainkan berasal dari kesimpulan penelitian medis.

Studi itu yang dipublikasikan JAMA Network Open menyebut tetap ada manfaat kognitif dari permainan video game. Dari hasil survei data-data hasil pemindaian pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) menunjukkan otak anak yang bermain video game lebih banyak aktivitas area yang berkaitan dengan perhatian dan memori.

Pemindaian otak itu dilakukan selama anak-anak diminta mengerjakan tugas khusus yang diberikan. Peneliti menilai bila video game memberikan pengalaman pelatihan kognitif dengan efek neurokognitif yang terukur.

Lain halnya studi yang dilansir American Psychological Association yang menyebut video game dapat meningkatkan daya ingat, kesadaran spasial, dan keterampilan sosial, terutama jika dimainkan dalam kelompok.

BACA JUGA: Ketahui Segudang Manfaat Playdate dalam Tumbuh Kembang Anak

Bisa jadi, hasil studi ilmiah yang berbeda itu akan mendapat respons yang berbeda-beda dari bunda. Meski begitu, video game memang tidak sebatas dipandang hanya permainan belaka. Ada sisi positif lain dari aktivitas itu sepanjang bunda dapat menerapkan pendekatan yang tepat.

Dengan pendekatan yang tepat, bermain video game dapat menjadi kegiatan yang mendukung perkembangan otak anak. Maka itu, peran bunda dalam memilih permainan dalam video game yang tepat menjadi penting.

Bila perlu, bunda lebih berperan aktif dan sebisa mungkin terlibat dalam permainan video game. Tentu saja ini akan lebih seru. Menghabiskan waktu bermain game bersama si kecil ini bakal lebih asyik lagi bila dilengkapi dengan Permen Susu Milkita Bites.

BACA JUGA: Pelukan Bukan Sekadar Ekspresi Rasa Sayang Bunda ke Si Kecil

Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Oh ya poin lain yang tak kalah penting, bunda sebaiknya menyiapkan rambu-rambu yang disepakati bersama si kecil. Terutama terkait dengan batasan waktu berapa lama si kecil boleh bermain video game. Sebagai rujukan bisa mengacu pada hasil studi ahli di Oxford University yang menyarankan durasi bermain game tidak lebih dari dua jam dalam sehari.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

 

Bagikan Artikel