Artikel

Ajarkan Si Kecil Berbagi di Bulan Penuh Berkah Agar Jadi Kebiasaan

Post pada 14 Mar 2024

Bunda, bulan Ramadan merupakan momen yang dinantikan oleh kita, umat Islam, karena di bulan ini, kita dapat mengajarkan anak untuk berpuasa. Selain itu, di bulan penuh berah ini, Bunda juga dapat mengajarkan anak berbagi kepada sesama. 

Berbagi di bulan Ramadan bisa menumbuhkan empati dan rasa persaudaraan yang erat antar sesama manusia. Mengajarkan si Kecil mengenai pentingnya berbagi bisa membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan lebih peduli sesama.

Mengapa Kita Harus Mengajarkan Berbagi Pada Si Kecil ?

Bunda tentu ingin agar Si kecil bisa tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan juga sesama. Bahkan, tidak hanya kepada orang-orang terdekatnya tapi juga kepada orang lain. Hal ini bisa menjadi bekal yang sangat berharga untuk si kecil saat besar nanti dan juga banyak manfaat lain yang bisa didapatkan si Kecil dengan berbagi, terutama manfaat berbagi di bulan Ramadan.  

Manfaat Berbagi Di bulan Ramadan: 

  • Lebih bersyukur

Dengan berbagi kepada yang tidak mampu, diharapkan si Kecil akan merasa lebih bersyukur dan menghargai apa yang ia miliki.

Memiliki badan yang sehat, anggota tubuh yang lengkap, memiliki orang tua lengkap, tinggal di rumah yang nyaman, bisa bersekolah, dan punya mainan, adalah hal-hal yang perlu untuk disyukuri.

  • Memperluas wawasan

Dengan ikut melakukan kegiatan bakti sosial atau berbagi, si Kecil akan mengenal dunia di luar rumah, lingkungan tempat tinggal, dan sekolahnya. Ini akan memicu rasa ingin tahu yang lebih besar, menambah wawasannya dan semakin membuatnya mandiri.

  • Aktivitasnya jadi lebih variatif

Dengan rutin melakukan kegiatan berbagi, si Kecil akan punya bentuk aktivitas yang lebih bervariasi dibanding sebelumnya. Aktivitas di bulan Ramadan seperti ini pun akan dapat menjadi aktivitas seru bersama keluarga. 

Misalnya, hari ini ikut membantu Bunda berjualan di bazar untuk amal, lalu hari berikutnya ikut Ayah membagikan takjil di pinggir jalan, serta mengunjungi panti asuhan untuk berbuka puasa Bersama.

Bentuk berbagi ini sangatlah bervariatif, kita bisa pelan-pelan memperkenalkan berbagi dibarengi dengan memberikan pemahaman tentang konsep berbagi.

cara mengajarkan anak berbagi pada orang lain

7 Cara Mengajarkan Anak Berbagi di Bulan Puasa

Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan kebaikan pada si kecil di bulan Ramadan:

1. Memberikan Contoh kepada si Kecil

Salah satu hal penting bisa kita lakukan sebagai orangtua adalah dengan memberikan contoh berbagi. Misalnya Bunda mengajak si Kecil saat berbagi takjil pada tetangga. Apabila ada kesempatan ajak juga si Kecil untuk berbagi pada anak yatim piatu atau orang yang membutuhkan.

2. Jelaskan Makna Berbagi

Jelaskan alasan kenapa kita harus berbagi. Salah satu hal yang dapat memicu munculnya empati pada si Kecil adalah dengan memberitahukan kalau ada orang-orang yang butuh bantuan dan mengajaknya untuk terlibat membantu mengatasi masalahnya. Apalagi di Bulan Ramadan yang penuh dengan rahmat, amal yang kita lakukan dilipatgandakan oleh Alloh SWT

3. Libatkan dalam Kegiatan Bakti Sosial

Ajak juga si Kecil untuk berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial, seperti mengunjungi panti asuhan atau membagikan sembako kepada kaum dhuafa. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman langsung kepada si Kecil tentang arti berbagi dan membantu orang lain. Ikut membersihkan lingkungan juga bisa dicoba loh Bunda, karena berbagi tidak hanya dengan memberikan barang-barang, kegiatan sosial juga termasuk berbagi.

Baca juga: Tips untuk Bunda: Cara Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak

4. Buat Kegiatan Berbagi Menjadi Pengalaman yang Menyenangkan dan Positif

Bunda bisa mengajak si Kecil untuk berbuka puasa bersama dengan teman-teman atau anak-anak panti asuhan. Kegiatan ini akan membantu mereka belajar bersosialisasi dan berbagi makanan dengan orang lain. Libatkan juga si kecil saat menyiapkan acara buka bersama, pasti kegiatan ini akan menjadi lebih bermakna.

5. Berikan Penghargaan

Berikan pujian dan penghargaan kepada si Kecil ketika mereka menunjukkan sikap berbagi. Hal ini akan memotivasi mereka untuk terus berbagi dan menjadi pribadi yang peduli terhadap orang lain. Bunda dapat siapkan Milkita Bites yang chewy dan crunchy sebagai bentuk penghargaan untuk si Kecil saat ia telah aktif berbagi dengan sesamanya. Kunjungi Unifam Official Store di Shopee dan Tokopedia sekarang aja Bun. 

6. Menceritakan Kisah Inspiratif

Selain mengajak si Kecil untuk terlibat secara langsung, kita juga bisa menceritakan kisah-kisah inspiratif tentang berbagi. Banyak kisah-kisah sahabat Nabi yang bisa jadi motivasi kita untuk melakukan kebaikan.

Bunda juga bisa memperlihatkan video edukatif tentang berbagi kepada si Kecil. Video yang menarik dan interaktif akan membantu mereka lebih mudah memahami konsep berbagi.

Baca juga: Daftar Film yang Menginspirasi untuk Anak dan Keluarga

7. Lakukan Secara Konsisten

Penting untuk melakukan kegiatan berbagi secara konsisten. Memang, berbagi di bulan Ramadan mendapatkan pahala berkali lipat, namun berbagi dan peduli terhadap sesama tidaklah harus menunggu di bulan penuh berkah seperti ini kan? 

Karena itulah, Bunda (dan juga Ayah), perlu menjaga konsistensi si Kecil dalam berbagi. Hal ini akan membantu si Kecil untuk membiasakan diri dan menjadikan berbagi sebagai bagian dari hidupnya. Saat Si kecil sudah mulai malas atau lupa, tugas kita lah sebagai orangtua untuk mengingatkannya kembali.

Bangun Generasi Dermawan dan Peduli Sesama Yuk

Mengajarkan anak untuk berbagi membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Lakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan usia si Kecil. Dengan demikian, mereka akan lebih mudah memahami nilai-nilai kebaikan dan tumbuh menjadi pribadi yang peduli terhadap orang lain.

Menanamkan nilai-nilai berbagi pada anak di bulan Ramadhan dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya membantu orang lain dan menumbuhkan rasa empati dalam diri mereka. Agar nanti bisa menjadi generasi yang dermawan dan peduli akan sesama. Selamat mencoba ya Bunda.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel