Artikel

Deretan Alasan Kuat untuk Melepas Si Kecil Berjalan Kaki ke Sekolah

Post pada 13 Okt 2023

Memang berat melepas si kecil berjalan kaki ke sekolah. Rasa cemas dan khawatir keselamatan sepanjang jalan sering kali membuat bunda ragu. Ini adalah hal yang wajar. Cuma kalau jarak sekolah tak jauh, bunda bisa sesekali membiarkan si kecil mandiri bersekolah dengan jalan kaki. Apalagi jaraknya kurang dari satu kilometer.

Agar rasa cemas dan khawatir bisa perlahan-lahan lenyap, cobalah simak manfaat si kecil berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki. Apa saja itu?

BACA: Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

Kekebalan tubuh si kecil akan meningkat

Ini bukan asal klaim tapi sudah dibuktikan secara ilmiah. Studi yang dikutip Healthline menyebutkan kalau rutin berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari akan membuat seseorang berisiko rendah terserang penyakit. Artinya, berjalan kaki terbukti membuat kekebalan tubuh meningkat sehingga mampu melawan penyakit.

Fisik makin kuat

Dengan rutin berjalan kaki saja, kekuatan otot di bagian kaki akan meningkat. Apalagi kalau rute berangkat dan pulang sekolah melewati kontur jalan yang menanjak dan menurun. Kekuatan fisik si kecil makin terlatih. Ini bagus untuk perkembangan fisik si kecil.

Bikin mood bagus

Studi yang dipublikasikan dalam The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry menyebutkan berjalan kaki dapat menekan rasa cemas dan depresi. Bahkan bagusnya lagi, jalan kaki akan membuat suasana hati makin positif. Dari sini dapat disimpulkan bila berjalan kaki terbukti berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Mendongkrak energi si kecil

Berjalan kaki adalah olahraga ringan dan sederhana tapi efeknya luar biasa. Aktivitas jalan kaki memantik produksi hormon yang berperan mengoptimalkan energi seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Tidak sampai di situ, berjalan kaki juga memicu peredaran oksigen di tubuh menjadi lebih lancar. Jalan kaki dapat mengatasi keluhan si kecil yang mengaku suka kelelahan.

Membantu konsentrasi

Konsentrasi diperlukan saat si kecil menuntut ilmu di sekolah. Nah, manfaat berjalan kaki pun terbukti pula meningkatkan kemampuan kognitif si kecil karena peredaran oksigen dan suplai darah lancar ke otak. Selain itu, berjalan kaki juga mendorong anak dapat berpikir lebih kreatif.

BACA: Benefit Kembangkan Kemampuan Alami Anak Sejak Usia Dini 

Jantung lebih sehat

Dengan jarak kurang dari satu kilometer, maka si kecil akan berjalan kaki di pagi haru kurang dari 30 menit. Berjalan kaki selama durasi itu sudah cukup untuk membantu tekanan darah lebih terkontrol dalam tubuh. Bila ini dilakukan teratur maka akan memperkuat organ jatung.

Melenyapkan stres

Berjalan kaki di pagi hari, apalagi ditemani dengan teman sebaya sudah cukup mencegah si kecil dari stres. Aktivitas fisik satu ini merangsang produksi endorphin yang bertanggung jawab terhadap perasaan bahagia.

Itulah sebagian manfaat dari aktivitas jalan kaki ke sekolah yang dilakoni si kecil di pagi hari. Agar lebih semangat, bunda dapat memberikan bekal Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel