Artikel

Deretan Makna Ajak Anak Aktif di Hari Raya Idul Adha

Post pada 13 Jun 2023

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari lagi. Bagi umat muslim yang berkecukupan dianjurkan berkurban di hari raya ini berupa sapi, kambing atau domba.  Menyambut Idul Adha, anak-anak biasanya antusias sekali bila diajak memilih hewan kurban. Mereka juga senang memberi makan calon hewan kurban secara langsung.

Selain sarat akan nilai-nilai agama, ada banyak hal lain yang bisa diajarkan kepada anak-anak dari berkurban. Bunda bisa mengajarkan banyak makna berkurban kepada anak, seperti di bawah ini:

1. Berbagi

Secara mendasar, berkurban mengajarkan anak untuk berbagi. Anak-anak bisa belajar untuk memberi kepada orang yang membutuhkan atau kurang mampu.

2. Pergunakan Keistimewaan Sebaik Mungkin

Berkurban adalah mengorbankan sebagian kecil dari harta untuk dibelikan hewan ternak yang nantinya akan dibagikan. Hal ini sebetulnya bisa mengajarkan pada anak-anak bahwa ketika mereka punya keistimewaan berupa finansial yang cukup, mereka harus menggunakannya sebaik mungkin. Mereka perlu ingat bahwa di setiap keberhasilan mereka, ada orang lain yang perlu dibantu.

3. Ikhlas dan Dermawan

Memberi dibutuhkan keikhlasan. Anak-anak akan merasakan kebahagiaan ketika mereka bisa membantu orang lain. Dengan terbiasa memberi dengan ikhlas, anak-anak akan belajar menjadi dermawan sejak dini.

BACA : Si Kecil Harus Mulai Dikenalkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

4. Tidak Perlu Pamer

Bila bunda mampu berkurban di tahun ini, tanamkan pada anak bahwa niat berkurban tak perlu memamerkannya. Sebab, keutamaan memberi adalah niat yang tulus dan bukan untuk dilihat orang lain.

5. Menanamkan Kepekaan dan Kepedulian Sosial

Untuk memberi, tentu saja dibutuhkan kepekaan dalam melihat siapa yang sesungguhnya membutuhkan bantuan. Anak-anak akan belajar lebih peka dan empati dalam mengenali orang yang membutuhkan bantuan di dalam lingkungan sosialnya bila terbiasa melakukannya. 

6. Memberi itu Membahagiakan

Memberi barang berupa materi sebetulnya adalah sumber kebahagiaan bagi orang lain. Anak-anak bisa belajar bahwa dengan memberi, mereka juga bisa jadi sumber kebahagiaan bagi orang lain.

7. Kerja Sama atau Gotong Royong

Di masjid tempat tinggal, biasanya daging kurban didistribusikan oleh panitia yang terdiri dari warga. Sebetulnya hal ini bisa mengajarkan nilai kerja sama dan gotong royong pada anak.

Selagi anak beraktivitas terkait hari istimewa ini, bunda bisa juga memberikan Pino Es Serut  Buah yang menyegarkan dengan aneka rasa buah. Lebih-lebih, menikmati Pino Es Serut Buah yang dibekukan lebih dulu ada sensasi tersendiri yang merangsang gerakan motorik si buah hati.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel