Artikel

Si Kecil Harus Mulai Dikenalkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

Post pada 12 Jun 2023

Para pendiri bangsa Indonesia telah menyusun dasar negara yakni Pancasila. Tentu, setiap warga negara Indonesia harus mengamalkan betul semua sila yang ada di dalam Pancasila. Hal yang sama juga berlaku untuk si kecil. Nilai-nilai luhur Pancasila sudah sepatutnya menjadi pondasi dalam diri setiap anak agar kelak ketika dewasa memiliki karakter kebangsaan.

Satu hal lagi, memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila tidak berarti dimulai saat  si kecil duduk di bangku sekolah dasar. Namun, penanaman dapat dilakukan sejak anak berusia dini. Bahkan menjadi sangat tepat karena anak usia dini akan lebih tertanam dalam hati dan benak anak dengan baik.

BACA : Bagus Itu Kalau Si Kecil Banyak Tingkah dan Sangat Aktif

Si Kecil bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa aktivitas yang menjadi modal awal untuk mengenalkan nilai-nilai luhur Pancasila pada anak

1. Rutin diajak beribadah bersama 

Sila pertama Pancasila mengandung nilai Ketuhanan. Di dalamnya memberikan tugas kepada orangtua untuk mengenalkan dan mengajarkan anak tentang agama. Untuk anak yang masih berusia dini, salah satu cara termudah mengenalkan anak dengan agama dan Tuhan Yang Maha Esa adalah dengan mengajaknya beribadah bersama. 

2. Berkunjung ke rumah saudara 

Salah satu pengamalan sila ke 2 ialah berkunjung ke rumah saudara, teman, atau tetangga. Ini merupakan salah satu cara menumbuhkan nilai Pancasila pada anak usia dini. Sila kedua yang mengandung makna kemanusiaan, berarti menugaskan kepada orangtua agar senantiasa menanamkan karakter simpati dan empati dalam diri anak.

3. Ajak teman bermain bersama 

Pada pengamalan sila ke 3 Pancasila terkandung makna persatuan. Karena itu orangtua wajib membiasakan anak untuk rukun. Baik rukun dengan teman bemain, atau dengan cara mengajak teman bermain bersama tanpa membedakan status sosial.

BACA : Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini

4. Beri kesempatan untuk pilih sesuai keinginan 

Musyawarah untuk mufakat menjadi makna dan pengamalan sila ke 4 Pancasila. Tugas orangtua adalah memberikan kebebasan atau kesempatan untuk anak dalam menentukan keinginannya. Salah satu cara sederhana menanamkan nilai Pancasila sila keempat ini misalnya menanyakan kepada anak tentang menu makanannya. 

5. Berbagi dengan teman 

Dalam pengamalan sila ke 5 Pancasila, keadilan menjadi makna penting. Orangtua dapat membiasakan Si Kecil untuk berbagi dengan orang lain. Contoh sederhana ialah berbagi mainan atau makanan dengan teman. Mengingatkan anak untuk bersikap adil terhadap semua teman tidak membedakan teman senantiasa untuk mau bermain bersama dengan semua teman. Termasuk juga berbagi camilan macam Permen Susu Milkita Bites. Produk terbaru ini kaya akan kandungan susu juga bisa menjadi sarana si kecil berbagi kepada teman-temannya.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Milkita Bites di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel