Artikel

Ide Aktivitas Keseharian agar Anak Mulai Belajar Bertanggung Jawab Sesuai Usia

Post pada 11 Mei 2023

Terkadang si kecil ingin selalu dimanja dan bebas melakukan apapun yang disukai. Saat usia si kecil bertambah, mereka pun perlu belajar menjadi sosok yang lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap setiap perilaku.

Tujuannya agar si kecil pun perlu memahami terhadap rasa tanggung jawab, baik di dalam rumah maupun di luar. Hanya saja mengenalkan dan mengajarkan tanggung jawab nggak bisa cuma sehari atau dua hari.

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Ada beberapa ide aktivitas untuk bisa mengajarkan anak bertanggung jawab sesuai usia nya, antara lain

1. 1-2 Tahun (Bayi)

Membersihkan barang-barang yang mereka berantakin sendiri, bisa memilih pakaian yang ingin dikenakan,makanan yang diambil harus dihabiskan. Makan sendiri, kecuali dalam situasi yang kurang memungkinkan seperti sakit dan terakhir bisa mengenali sinyal ketika ingin buang air kecil atau besar.

2. 3-5 Tahun (Pre-toddler)

Merapikan pakaian yang telah dilipat dan menyimpannya ke lemari, mampu memutuskan siapa yang ingin diajak main, yang boleh berada di kamar. Memahami untuk merapikan kamar sesuai dengan batas wajar, anak bisa memutuskan barang-barangnya mau diletakkan di mana saja. Memahami risiko makanan apa saja yang akan berdampak bagi kesehatannya, seperti banyak makan manis berisiko obesitas atau muncul karies pada gigi.

3. 6-9 Tahun (Pre-School)

Mengetahui cara berpakaian yang tepat dan sesuai acaranya. Melakukan pekerjaan rumah tangga sederhana secara rutin, lalu melakukan aktivitas yang ingin dilakukan setelahnya. Paham bagaimana membelanjakan uang saku mereka lalu menabungnya. Menyelesaikan tugas sekolah dan menyiapkan buku-buku pelajaran untuk ke sekolah esok paginya. Lebih sadar dengan kesehatannya, mana aktivitas berbahaya atau makanan yang dapat membuat mereka sakit.

4. 10-12 Tahun (School)

Menyiapkan sendiri bekalnya untuk ke sekolah, mulai rutin merawat diri sendiri, seperti menggunting kuku, menyisir rambut, dan lainnya. Sudah bisa ditinggal sendiri untuk menjaga rumah di saat anggota keluarga lain sedang pergi.

BACA: Anak Mulai Sekolah Lagi Setelah Libur Lebaran, Apakah Perlu Diberikan Uang Saku?

Tinggal bunda yang memastikan semua aktivitas itu bukanlah beban tapi sudah menjadi kebiasaan harian. Lagi pula, boleh saja memberi imbalan camilan seperti Pino Es Serut Buah sebagai bentuk apresiasi atas semangat si kecil. Selain menyegarkan, Pino Es Serut Buah juga kaya akan kandungan vitamin lho.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel