Artikel

17 Ide Buka Puasa Lezat dan Sehat untuk Buah Hati Tercinta

Post pada 16 Mar 2024

Hai Bunda, tak terasa Ramadan akhirnya sudah tiba. Bulan penuh rahmat yang selalu dinanti. Senang sekali ya bisa menemani Bunda di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Di momen spesial ini, tentu Bunda ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk menu buka puasa yang lezat dan sehat untuk buah hati tercinta.

Menyiapkan menu buka puasa yang lezat dan sehat untuk  si kecil memang tidak selalu mudah. Kadang, mereka lebih memilih makanan yang kurang sehat dan kurang bergizi. Di satu sisi, Bunda tentunya ingin hidangan yang disajikan menarik dan disukai si kecil. Dan di sisi lain, Bunda juga ingin memastikan bahwa hidangan tersebut mengandung gizi yang seimbang untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Jangan khawatir, Bunda. Artikel ini hadir untuk membantu Bunda biar gak bingung memikirkan ide untuk menu berbuka puasa buat si kecil yang lezat tapi juga sehat. Berikut 17 ide buka puasa lezat dan sehat yang dijamin disukai anak:

1. Kurma dan Susu Kurma

Buah kurma merupakan makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya disukai anak-anak. Bunda juga bisa membuat susu kurma yang lebih segar dan mengenyangkan.

2. Es Timun Melon

Minuman segar ini sangat cocok untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Campuran timun, melon, dan sirup melon menghasilkan rasa yang manis dan menyegarkan.

3. Rolade Tahu Telur

Menu ini kaya protein dan mudah dibuat. Campurkan tahu, telur, dan sayuran, lalu kukus hingga matang. Potong rolade menjadi beberapa bagian dan sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

4. Burger Mini

Siapa yang tidak suka burger? Buat versi mini yang lebih sehat dengan roti gandum, daging sapi giling, dan sayuran segar. Bunda juga bisa menambahkan keju rendah lemak untuk menambah rasa.

ide buka puasa anak yang lezat dan sehat

5. Pizza Mini

Sama seperti burger, pizza mini juga menjadi pilihan yang disukai anak. Gunakan roti gandum, saus tomat, keju mozzarella, dan topping favorit anak. Panggang hingga matang dan sajikan selagi hangat.

Baca juga: Dapur adalah Arena Anak Bisa Tumbuh Menjadi Pribadi Hebat

6. Sate Ayam/Sapi/Ikan

Sate merupakan makanan favorit banyak orang, termasuk anak-anak. Gunakan daging ayam, sapi, atau ikan yang kaya protein dan bakar dengan bumbu yang lezat. Sajikan dengan nasi putih atau lontong dan saus kacang yang gurih.

7. Nugget Sayuran

Nugget tidak selalu harus terbuat dari daging. Buat nugget versi vegetarian dengan campuran sayuran, tahu, dan telur. Goreng hingga matang dan sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

8. Kolak Pisang

Kolak pisang merupakan hidangan klasik yang selalu dirindukan di bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan gurih disukai anak-anak. Bunda bisa menambahkan santan rendah lemak atau susu rendah lemak untuk versi yang lebih sehat.

9. Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan makanan yang mudah dicerna dan cocok untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut disukai anak-anak. Bunda bisa menambahkan berbagai topping seperti kacang hijau, bubur mutiara, atau nangka.

10. Es Cendol

Es cendol merupakan minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa. Campuran santan, gula merah, dan cendol menghasilkan rasa yang manis dan menyegarkan. Bunda juga bisa menambahkan nangka atau durian untuk menambah rasa.

Baca juga: Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Dini

11. Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan kue tradisional yang disukai banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut disukai anak-anak. Bunda bisa membuat kue lumpur dengan berbagai variasi rasa seperti pandan, keju, atau coklat.

ide buka puasa lezat dan sehat untuk anak

12. Pisang Goreng

Pisang goreng merupakan camilan yang mudah dibuat dan disukai anak-anak. Goreng pisang yang sudah matang hingga berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan secangkir teh hangat atau kopi.

13. Bakwan Sayur

Bakwan sayur merupakan camilan yang lezat dan bergizi. Campurkan tepung terigu, sayuran, dan bumbu, lalu goreng hingga matang. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

14. Puding

Puding merupakan makanan yang mudah dibuat dan disukai anak-anak. Bunda bisa membuat puding dengan berbagai rasa seperti coklat, vanilla, atau buah-buahan kesukaan si kecil.

15. Smoothie Buah

Smoothie buah merupakan minuman segar dan bergizi yang cocok untuk berbuka puasa. Campurkan berbagai jenis buah-buahan dan susu, lalu blender hingga halus. Sajikan smoothie buah dengan es batu untuk sensasi yang lebih segar.

16. Sup Sayur

Sup sayur adalah pilihan yang tepat untuk memberikan asupan nutrisi yang seimbang untuk si kecil. Tambahkan potongan daging ayam atau sapi untuk tambahan protein yang dibutuhkan.

17. Pino Es Serut Buah 

Pino Es Serut Buah adalah ide yang sempurna untuk buka puasa bagi si Kecil. Dengan berbagai macam warna dan rasa yang manis, Pino Es Serut Buah tidak hanya menarik  bagi mata, tetapi juga bagi lidah. Dibuat dari buah-buahan segar yang diparut halus dan dicampur dengan sirup yang  manis, Pino Es Serut Buah bisa menjadi salah satu cara bagi Bunda yang menyenangkan untuk memperkenalkan buah-buahan kepada si Kecil.  Nah, untuk yang satu ini, Bunda dapat beli di Official Store Unifam di Shopee dan Tokopedia. 

Itu dia 17 ide menu buka puasa yang bisa Bunda siapkan untuk si kecil. Dalam merangkai kegembiraan buka puasa, penting untuk menciptakan pengalaman yang berkesan  untuk anak-anak. 

Bunda juga bisa menyajikan makanan yang menarik dan kreatif dengan cara melibatkan  si kecil dalam proses memasak atau sekadar memilih dan menyiapkan hidangan buka puasa. Ha ini dapat membantu si kecil belajar tentang pentingnya makan makanan yang sehat.

Dengan berbagai ide menu buka puasa yang telah disampaikan, Bunda dapat memberikan variasi menu yang sehat dan lezat,  serta aktivitas yang edukatif dan  menyenangkan. 

Buka puasa bukan hanya tentang makanan yang disajikan, tapi juga tentang bagaimana memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan nilai-nilai penting seperti  kesabaran, empati, dan  kebersamaan.

Biarkan si kecil makan  dengan porsi yang  mereka inginkan.  Jangan paksa si kecil untuk makan jika mereka belum merasa lapar. Ingatlah,  bahwa kebahagiaan dan kecintaan anak-anak pada tradisi buka puasa akan membentuk memori indah yang akan mereka bawa sampai mereka dewasa nanti.

Semoga dengan 17 ide buka puasa di atas, Bunda tidak perlu khawatir lagi untuk menyediakan menu yang lezat dan sehat untuk buah hati tercinta. Selamat mencoba dan selamat berpuasa.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel