Artikel

Dapur adalah Arena Anak Bisa Tumbuh Menjadi Pribadi yang Hebat

Post pada 30 Sep 2023

Dapur adalah adalah gudangnya ilmu bagi si kecil. Dan, bunda adalah guru terhebat baginya. Bunda setuju bukan?

Ada begitu banyak pekerjaan di rumah yang dapat dijadikan pembelajaran bagi anak sejak dini. Dari sekian banyak itu, kali ini yang akan dibahas adalah aktivitas memasak. Ketika melibatkan si kecil dalam aktivitas yang berujung pada makan-makan ini, maka secara otomatis bunda telah mendorong si kecil menguasai banyak aspek yang diperlukan di masa depan.

BACA: Tak Perlu Ragu Ajak Anak ke Pesta Pernikahan, Perhatikan 4 Hal Ini

Biar lebih lengkap, yuk bahas bersama di berikut ini.

1. Memasak adalah ketrampilan hidup

Memasak adalah aktivitas yang merangsang anak menguasai ketrampilan hidup. Utamanya adalah ketrampulan memenuhi hidupnya. Dia akan piawai dalam beradaptasi hingga dewasa.

2. Mengenal aneka rasa

Manfaat paling dasar dari aktivitas memasak adalah mengoptimalkan perkembangan indera perasa. Artinya, memasak secara langsung membuat sensorinya lebih aktif. Dia bisa membedakan rasa pedas, manis, asam, pahit, dan sebagainya. Apalagi masakan Indonesia kaya akan rasa, bukan begitu bunda!

3. Melatih logika berpikir dan mengenal sains

Memasak adalah kombinasi aktivitas fisik, logika, dan mental dalam satu waktu. Memasak merangsang si kecil belajar menyentuh, mengecep, mencium, mengamati, dan memancing kreativitas lewat imajinasinya.

Dia juga akan belajar logika mengingat memasak ada urutannya. Seberapa banyak bahan-bahan yang digunakan sekaligus durasi waktu. Termasuk di sini adalah unsur sains. Seperti titik didih air maupun suhu.

4. Membangun hubungan

Dapur adalah arena yang tepat bagi bunda menghabiskan waktu berkualitas bareng si kecil. Sudah pasti bunda dan si kecil tidak sekadar fokus pada memasak, tapi juga menjadi waktu ngobrol yang asyik. Si kecil dapat bercerita banyak hal dan bunda bisa manfaatkan waktu ini untuk memberi edukasi. Misalanya saja edukasi tentang memilih camilan yang tepat. Sebut saja Permen Susu Milkita.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Permen Susu Milkita merupakan permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand.

5. Si Kecil makin percaya diri

Melibatkan anak dalam kegiatan memasak akan membangun kepercayaan diri. Dia merasa mendapat kesempatan dan kepercayaan dari bunda. Di saat bersamaan, dia juga ingin menunjukkan kebolehannya dalam aktivitas memasak sehingga membuat bunda bangga.

Terbukti bukan, melibatkan anak dalam aktivitas memasak punya segudang manfaat. Tidak hanya bagi si kecil tapi juga bunda. Momen kebersamaan yang indang ini bakal dikenang si kecil sepanjang masa.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel