Artikel

Anak Bunda Susah Makan? Ini Dia Tips Mudah Memberikan Gizi Seimbang Pada Anak

Post pada 25 Jan 2024

Gizi seimbang adalah asupan berbagai macam makanan dalam jumlah yang tepat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizi yang seimbang sangat penting dalam masa tumbuh kembang si Kecil. Sebagai orangtua, Bunda harus memperhatikan asupan gizi pada si Kecil dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan atau sering disebut golden period.

Untuk mendapatkan cakupan gizi yang lengkap, tidak selalu tentang makanan yang mahal ya bunda, kita bisa membuat makanan yang bergizi dari bahan makanan sekitar kita. Bahkan, saat ini bahan makanan lokal sangat dianjurkan oleh pemerintah untuk memenuhi asupan gizi kita sehari-hari.

Kebutuhan Gizi si Kecil Berbeda-beda

Namun, perlu diketahui juga Bunda, bahwa kebutuhan gizi si Kecil berbeda-beda sesuai dengan usia dan tingkat aktivitasnya. Secara umum, kebutuhan gizi si Kecil meliputi:

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Sumber karbohidrat yang baik untuk anak meliputi nasi, roti, pasta, kentang, jagung, dan buah-buahan.

  • Protein

Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan jaringan tubuh lainnya. Sumber protein yang baik untuk si Kecil meliputi daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

  • Lemak

Lemak diperlukan untuk menyerap vitamin, membangun sel-sel tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Sumber lemak yang baik untuk anak meliputi minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan ikan.

  • Vitamin

Vitamin diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti metabolisme, pertumbuhan, dan kekebalan tubuh. Sumber vitamin yang baik untuk si Kecil meliputi buah-buahan, sayuran, dan susu.

  • Mineral

Mineral diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti pembentukan tulang, mengatur keseimbangan cairan, dan menjaga fungsi otot. Sumber mineral yang baik untuk si Kecil meliputi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Menghargai Orang Lain

 

Memberikan Gizi Seimbang pada Anak 

Jika kebutuhan gizi si kecil berbeda-beda, lantas bagaimana cara memberikan gizi seimbang untuk mereka? Perlu diketahui dahulu bahwa makanan bergizi seimbang adalah makanan yang mengandung berbagai macam zat gizi dalam jumlah yang tepat dan seimbang. Sedangkan gizi seimbang sendiri tidak terbatas pada makanan atau asupan saja. 

4 Pilar Gizi Seimbang Kemenkes

Untuk acuan gizi seimbang, Bunda bisa melihat 4 Pilar Gizi Seimbang dari Kemenkes berikut ini: 

  • Pentingnya pola hidup aktif dan berolahraga

Aktivitas fisik si Kecil penting agar metabolisme tubuhnya berfungsi dengan baik. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, tubuh akan menyeimbangkan keluar masuknya gizi, terutama sumber energi utama dalam tubuh. 

  • Menjaga berat badan ideal

Salah satu indikator keseimbangan gizi dalam tubuh adalah memiliki berat badan yang normal dalam Indeks Masa Tubuh (IMT). Karena itu penting loh Bunda menjaga berat badan ideal si Kecil berdasarkan tingginya. 

  • Mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam

SI Kecil perlu mengonsumsi makanan yang beraneka ragam dan warna yang mengandung berbagai gizi yang telah disebutkan sebelumnya. Gizi yang didapat berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral perlu dikonsumsi dari berbagai makanan yang sehat. 

  • Menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Sebagai bagian dari gizi seimbang, si Kecil perlu dikenalkan juga pola hidup sehat seperti selalu mencuci tangan sebelum makan, sesudah memegang hewan atau tanaman, dan lainnya. Hal ini untuk mencegah datangnya penyakit yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Cara Mengenalkan Resolusi Tahun Baru pada Anak

 

Tips Memberikan dan Menjaga Gizi Seimbang pada Anak

Tidak jarang si Kecil akan menolak makanan yang tidak disukainya hingga akhirnya asupan gizi yang masuk menjadi kurang. Nah, untuk membantu Bunda dalam memberikan dan menjaga gizi seimbang pada anak, berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan: 

  1. Berikan makanan dari berbagai kelompok makanan, termasuk makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan. Semakin si Kecil mengenal banyak jenis makanan, semakin bagus untuk meningkatkan nafsu makannya.
  2. Berikan makanan dalam porsi yang sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas anak. Jangan berlebihan ataupun kekurangan.
  3. Berikan makanan yang bervariasi agar anak tidak bosan. Ini adalah PR buat orangtua untuk kreatif dan inovatif dalam menyajikan makanan agar si kecil tidak mudah merasa bosan.
  4. Berikan makanan yang menarik dan menggugah selera anak. Bunda dapat mencari berbagai resep masakan atau makanan dari internet, dan juga tips menyajikan makanan agar tampak menarik.
  5. Ajak si Kecil beraktivitas. Seperti yang disebutkan dalam pilar dari Kemenkes, Bunda perlu mengajak si Kecil beraktivitas fisik misalnya dengan mengajak si Kecil lari pagi rutin setiap pagi, tidak perlu lama tapi rutin. 
  6. Mengajak si Kecil rajin menjaga kebersihan. Mulai dengan membiasakan si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun setelah aktivitas di luar ruangan atau sebelum makan. 
  7. Mengajarkan si Kecil untuk tidak memilih-milih makanan agar asupan gizi yang masuk lengkap. 

Nah, itu dia beberapa tips untuk memberikan dan menjaga gizi seimbang pada anak yang Bunda dapat lakukan. Bunda juga dapat memberikan reward pada si Kecil jika dia berhasil melakukan hal-hal baik. Misalnya dengan memberikan camilan sehat yang pastinya disukai si Kecil. 

Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. 

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel