Artikel

Libur Sekolah Telah Tiba, Yuk Coba Aktivitas Ini Biar Si Kecil Tetap Bergerak

Post pada 13 Jun 2023

Sebentar lagi liburan sekolah. Si kecil pasti sudah banyak rencana untuk mengisi masa liburan sekolah. Maklum, anak-anak bakal punya waktu luang untuk bersantai-santai di rumah. Mereka juga berharap dapat mengisi liburan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Liburan yang seru dan mengasyikkan tak melulu harus diisi dengan berlibur ke luar kota atau pergi berbelanja. Ada banyak kegiatan murah meriah bahkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang bisa dilakukan selama liburan sekolah.

Tak hanya murah, kegiatan tersebut juga mendatangkan manfaat. Kira-kira kegiatan apa saja yang bikin seru yang dapat dilakukan bersama si kecil selama liburan sekolah?

BACA : Jangan Panik Kalau si Kecil Malas Berolahraga, Coba Siasat Ini Bunda!

2. Memasak bersama

Bagi para orang tua, terutama ibu, ajaklah Si Kecil untuk menjadi “asisten koki” dengan membantu menyiapkan makanan. Untuk anak yang masih kecil, berikanlah tugas menyiapkan bahan-bahan makanan seperti bumbu, sayur, daging, dan lain-lain. Sementara itu, anak yang lebih besar dapat membantu memotong sayur dan daging.

2. Berkebun

Anak-anak umumnya senang bermain di ruang terbuka. Ajaklah ia untuk menanam bunga, menyapu rumput dan daun yang jatuh, memotong daun atau tangkai yang sudah layu, dan menyiram tanaman.

Si Kecil juga dapat mengenal nama-nama pohon, tanaman, dan bunga. Di akhir “acara”, orang tua dapat mengadakan permainan mencari kertas warna-warni yang telah disembunyikan di halaman.

3. Merapikan kamar

Si Kecil dapat berpartisipasi dengan merapikan lemari pakaian, menempel stiker pada dinding atau lemari, merapikan mainan dan boneka, atau bahkan memajang hasil karyanya pada dinding kamar.

Dengan melibatkannya dalam kegiatan ini, diharapkan ke depannya ia akan merapikan kamarnya dengan kesadaran sendiri.

4. Piknik di halaman

Jika memiliki halaman yang, sekali-kali cobalah untuk berpiknik di halaman. Gelar tikar dan siapkan makanan di dalam kotak bekal.

Ingin mencoba hal yang lebih seru? Anda dapat mendirikan tenda di halaman agar Si Kecil benar-benar merasakan sensasi berpiknik di alam terbuka. Sebagai makanannya, gelarlah acara barbeque di depan tenda.

5. Kerajinan tangan

Hal ini umumnya akan menarik bagi anak perempuan. Ajarilah ia membuat prakarya sederhana seperti pigura, tempat pensil, dan lain-lain. Untuk anak yang lebih besar, ia dapat belajar menjahit, menyulam, merajut, atau membuat scrapbook dan kartu ucapan.

BACA : Si Kecil Harus Mulai Dikenalkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

6. Membersihkan rumah

Anak-anak dapat diajarkan sejak dini untuk turut bertanggung jawab menjaga kebersihan rumah. Dengan melihat teladan dari ibu dan ayahnya, maka Si Kecil niscaya akan bersemangat mengemban tugas yang diberikan kepadanya.

Bagilah tugas seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, mencuci piring, dan lain-lain – yang tentunya sesuai dengan usia dan kemampuan Si Kecil.

10. Hobi

Waktu liburan juga dapat diisi untuk mengembangkan hobi yang bermanfaat, misalnya mengikuti kursus menggambar, melukis, bermain alat musik, menyanyi, menari, menulis, dan lain-lain.

11. Membuat Konten

Kegiatan yang satu ini paling digandrungi oleh para milenial dan gen Z. Wajar saja, selain mendatangkan pundi-pundi rupiah, para konten kreator juga bisa terkenal. Ada beragam ide konten menarik yang bisa dibuat sesuai minat dan mengunggahnya di YouTube atau media sosial lainnya. Kontennya bisa tentang makeup, memasak, cover lagu, podcast atau bahkan bermain gim.

Oh iya, tetap siagakan Pino Es Serut Buah di rumah agar aktivitas mengisi liburan makin menyenangkan. Pino Es Serut Buah yang tersedia dalam aneka rasa buah yang menyegarkan ini bisa menjadi teman asyik menemani keseruan bersama si kecil di rumah.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel