Artikel

Jangan Panik Kalau si Kecil Malas Berolahraga, Coba Siasat Ini Bunda!

Post pada 12 Jun 2023

Menularkan anak agar senang berolahraga memang butuh trik tersendiri. Bila bunda memandang olahraga itu menyenangkan, belum tentu si kecil. Lagi pula, anak punya pandangan sendiri soal olahraga.

Olahraga sebenarnya bukan sekadar olah fisik saja tapi juga menjadi alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang bersama si kecil. Cuma tak semua anak menggemari olahraga. Mengutip Kids Health, kadang kala anak merasa tidak menyukai olahraga karena mungkin tak mengerti cara memainkan sebuah permainan.

Namun tahukah bunda kalau olahraga juga bisa memberi si kecil pengalaman yang hebat? Tentu saja bunda harus membantu anak menemukan olahraga yang tepat.

BACA : Jangan Sia-siakan Fase Golden Age Si Kecil, Optimalkan Stimulasi Ini

Ada banyak olahraga di luar sana yang mungkin belum pernah coba dikenalkan ke anak-anak. Sebab, olahraga satu dengan yang lainnya akan terasa berbeda. Ada olahraga yang menuntut postur tubuh yang tinggi, tapi ada juga olahraga yang membutuhkan pernapasan yang baik.

Apabila anak tak terlalu suka olahraga dengan tim, coba kenalkan mereka dengan olahraga yang bisa dimainkan secara individu. Sebut saja berenang, menyelam, berlari, bersepeda, hingga bowling, dapat menjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan secara individu.

Jika anak tetap tak menyukai olahraga, ada beberapa kegiatan lain yang bisa dikenalkan pada anak-anak. Bunda bisa mengajarkan atau mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas non-olahraga yang menyenangkan. Seperti bermain di taman, menyapu halaman, main lompat tali, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, mencuci kendaraan hingga merawat tanaman.

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy

Ada begitu banyak manfaat rutin berolahraga untuk anak. Mengutip laman Kementerian Kesehatan Pemerintah Victoria, Australia, manfaat olahraga untuk anak antara lain mengurangi risiko obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, sampai meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Kemudian yang tak kalah penting adalah meningkatkan kecerdasan anak. Si kecil yang suka berolahraga akan memiliki aktivitas otak bagian prefrontal, yakni bagian yang bertanggung jawab akan kongnitif, menjadi lebih aktif. Alhasil, anak akan mudah berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

Olahraga juga membuat aliran darah ke otak semakin lancar sehingga kemampuan menyimpan memori menjadi lebih baik. Agar anak makin menyukai olahraga, coba deh bunda siapkan Pino Es Serut Buah. Produk dengan rasa aneka buah menyegarkan ini cocok dinikmati bersama anak setelah berolahraga.  Pino Es Serut Buah juga membuat anak tidak merasa bosan dan jenuh kalau diajak berolahraga.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel