Artikel

Jangan Sia-siakan Fase Golden Age Si Kecil, Optimalkan Stimulasi Ini

Post pada 25 Mei 2023

Golden age alias masa emas merupakan periode penting dalam masa perkembangan anak, yakni di rentang usia sampai lima tahun. Fase ini wajib mendapat atensi karena anak tumbuh begitu pesat. Bahkan ada studi yang menyebutkan hampir separuh kecerdasan orang dewasa terbentuk di usia empat tahun.

Dan, golden age ini tak bakal terulang lagi. Maka itu, penting banget buat menstimulasi si kecil agar masa emas-nya bisa maksimal. Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan dalam menstimulasi, mulai dari permainan sampai kontak langsung dengan anak.

BACA : Sudah Aktif Sekolah Lagi, Yuk Bunda Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil

Agar menghindari hambatan tumbuh kembang si kecil, penting melakukan stimulasi pada aspek-aspek penting anak. Mencakup stimulasi motorik kasar dan halus, kognitif, sosial hingga bahasa.

Nah Bunda, ada beberapa cara untuk men stimulasi anak saat periode golden age ini: 

1. Stimulasi motorik kasar dan halus

Keterampilan motorik kasar melibatkan seluruh tubuh, termasuk otot kaki dan lengan. Sedangkan, kemampuan motorik halus melibatkan gerakan jari tangan dan kaki. Kedua motorik ini sebetulnya bisa distimulasi secara bersamaan. Contohnya membuka kemasan Permen Susu Milkita Bites atau Pino Es Serut Buah. Aktivitas sederhana ini bisa melatih kemampuan motoriknya. 

2. Stimulasi kognitif

Jika ingin melakukan stimulasi kognitif, ibu perlu memilih kegiatan yang memacu proses menangkap, menghubungkan, dan menilai sesuatu. Kemampuan kognitif ini penting karena berperan signifikan pada aspek akademik dan kemampuan berpikir logis.

BACA : Segudang Manfaatnya  Bila Si Kecil Ingin Bantu Pekerjaan di Rumah 

3. Stimulasi sosial

Di aspek sosial, ada banyak hal yang bunda perlu ajarkan. Misalnya mencakup mengenal diri, emosi, empati, simpati, berbagi, negosiasi, menolong, kerja sama, hingga bersaing. Untuk menstimulasi aspek sosial, bunda perlu memperbanyak interaksi si kecil dengan orang lain, baik yang seusia atau yang lebih dewasa, ya.

4. Stimulasi bahasa

Bahasa tidak kalah penting dengan jenis stimulasi lainnya. Dilansir Speech Therapy Talk, kemampuan berbicara anak bukan cuma soal berbicara, tapi juga mencakup membaca, menulis, mendengarkan, bercerita, dan berkomunikasi dua arah.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Milkita Bites di Shopee dan Tokopedia.

Bagikan Artikel