Artikel

Segudang Manfaatnya  Bila Si Kecil Ingin Bantu Pekerjaan di Rumah

Post pada 22 Mei 2023

Duh, senangnya kalau si kecil peka sama pekerjaan domestik bundanya! Hepi campur terharu. Pasti dong, ini tandanya si kecil sensitif sama kerepotan bunda. Tinggal bagaimana bunda memfasilitasi niat baik si kecil saat membantu pekerjaan rumah tangga.

Ini penting karena saat anak sudah semakin tumbuh besar, semakin banyak pula hal yang bisa dipelajari. Selain mengajari anak tentang ilmu pengetahuan, bunda juga perlu mendidik anak membantu pekerjaan rumah. 

Tidak hanya dapat meringankan pekerjaan bunda saja, tapi lebih jauh kebiasaan tersebut nyatanya memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Meski masih belum bisa melakukannya dengan benar, tapi sangat penting untuk membiasakannya sejak dini. Apa manfaatnya?

Melatih kemandirian

Melakukan tugas sederhana sesuai perkembangan usianya sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian anak. Nantinya, anak akan terbiasa melakukan berbagai hal sendiri, seperti mengambil pakaian dari lemari, mengambil makanan sendiri, membereskan sepatu yang  telah selesai digunakan, dan lainnya.

BACA: Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak DiniMelatih motorik kasar dan halus. 

Ketika menolong bunda melipat baju, sesungguhnya dia sedang melatih motorik halusnya. Motorik halus yaitu kekuatan jari-jemari tangannya. Sedangkan saat membantu ayah mengelap mobil yang telah selesai dicuci, ini akan menguatkan otot-otot lengannya.Menambah kosakata. 

Sambil membantu, biasanya anak prasekolah yang berada dalam fase ingin tahu akan mengajukan banyak pertanyaan. Nah, di sinilah kesempatan bunda memperkaya kosakata dengan menyebut benda-benda yang ditanyakan anak. Bisa juga meminta anak mengambil benda-benda yang disebutkan. Anak akan belajar nama benda tersebut.

Melatih konsentrasi.

Pekerjaan sederhana yang dilakukan juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak. Ia harus bersungguh-sungguh supaya lipatan bajunya rapi, ia harus berkonsentrasi untuk merapikan mainannya, dan lain sebagainya.

Melatih kebersihan dan kerapian

Anak-anak yang terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah, umumnya lebih rapi dan senantiasa menjaga kebersihan. Contoh, saat membantu melipat baju bersih, ia akan berusaha supaya lipatannya rapi. Saat menaruh sepatu di rak, itu akan memberinya pemahaman, semua enak dilihat kalau serba teratur.

Menjalin kedekatan dengan orangtua

Aktivitas ini sekaligus bermanfaat untuk menjalin kedekatan anak dengan orangtua. Sembari “bekerja”, ajak si kecil ngobrol apa saja. Ini akan membuatnya lebih terbuka dan merasa dekat dengan orangtuanya. Lebih-lebih bila bunda menawarkan sajian semacam Pino Es Serut Buah. Cocok banget sama waktunya ketika si kecil ‘lelah’ membantu pekerjaan di rumah. Dengan rasa yang segar, si kecil bakal makin semangat lagi membantu bunda!

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Memunculkan suasana gembira

Membantu pekerjaan rumah bisa membuat fun semua. Saat bajunya basah karena membantu mencuci mobil ayah, Anda bisa langsung memandikan anak. Aktivitas seperti ini tentunya menyenangkan bagi anak-anak.

Sudah kebayang kan bunda suasana kalau si kecil aktif membantu aneka pekerjaan di rumah. Tinggal sesuaikan saja dengan usia si kecil. Selain bisa meringankan beban bunda, si kecil juga belajar paham betapa tugas-tugas bunda di rumah itu tidaklah ringan.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel