Artikel

Family Time di Bulan Puasa? Simak 10 Ide Kegiatan yang Dapat Dilakukan Bersama Keluarga Ini!

Post pada 22 Mar 2024

Halo Bunda… gimana nih ibadah puasanya sampai hari ini? Semoga lancar ya Bunda sampai akhir nanti dan amal ibadah kita diterima. O iya Bunda (dan Ayah), bulan puasa bisa jadi momen berharga untuk family time bareng loh. Banyak kegiatan bersama keluarga di bulan puasa yang dapat meningkatkan kualitas kebersamaan dan jadi momen terbaik keluarga.

Bunda sudah memiliki rencana kegiatan bersama keluarga di bulan penuh berkah ini? Atau masih bingung enaknya ngapain bersama keluarga? Mungkin artikel kali ini bisa membantu. Kami akan share ide kegiatan bersama keluarga di bulan puasa yang Bunda dan keluarga dapat lakukan. 

10 Ide Kegiatan Bersama Keluarga di Bulan Puasa – Family Time

Untuk dapat menikmati bulan Ramadan bersama keluarga, Bunda dan Ayah dapat lakukan beberapa ide berikut untuk family time selama bulan puasa ini.

1. Ngabuburit Bersama Keluarga

Kegiatan menunggu waktu buka bersama di sore hari dapat menjadi salah satu kegiatan seru bersama keluarga di bulan puasa ini. Bunda dapat ajak si Kecil dan anggota keluarga lainnya untuk jalan santai bersama sembari mencari takjil untuk berbuka. Biasanya akan ada tempat kuliner selama bulan puasa gini yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Dengan demikian, Bunda dan Ayah juga dapat mengenalkan lingkungan sekitar kepada anggota keluarga loh. 

ide aktivitas bersama keluarga di bulan puasa

2. Masak Bersama

Mempersiapkan menu sahur atau menu berbuka bersama keluarga juga bisa jadi salah satu kegiatan keluarga yang menyenangkan di bulan Ramadhan seperti ini. Bunda dapat ajak si Kecil partisipasi dalam mempersiapkan menu atau masak bareng menu berbuka yang enak dan sehat. Bunda dapat mengajarkan beberapa resep rahasia keluarga yang Bunda punya ataupun meminta anggota keluarga untuk menyiapkan peralatan makan. 

3. Olahraga Ringan

Ide family time lainnya selama bulan puasa adalah dengan mengajak keluarga untuk berolahraga ringan bersama. Tidak perlu olahraga berat, mengingat sedang menjalankan ibadah puasa. Olahraga ringan seperti senam atau jalan santai keliling komplek rumah juga dapat jadi pilihan loh. 

4. Menonton Film 

Kegiatan keluarga menonton film bersama dapat menjadi momen indah di bulan puasa ini. Ada baiknya juga selama bulan puasa ini, kegiatan menonton filmnya difokuskan pada film-film bernuansa Islami yang dapat menjadi inspirasi dan sarana belajar si Kecil tentang agama. 

Baca juga: Daftar Film Inspiratif untuk Ditonton Bersama Anak

5. Membaca Buku 

Bunda dan Ayah juga dapat ajak seluruh anggota keluarga menikmati family time dengan membaca buku, entah itu buku terkait agama ataupun buku umum yang disukai oleh anggota keluarga. Bunda dan Ayah pun dapat mengajak anggota keluarga mendiskusikan buku yang baru saja dibaca. Hal ini juga dapat membantu si Kecil lebih percaya diri dalam bercerita dan menikmati kegiatan baca buku loh. 

ide kegiatan untuk family time di bulan puasa

6. Membersihkan Rumah

Biasanya kan selama bulan puasa seperti ini, asisten rumah tangga (ART) juga izin tidak bekerja nih. Nah, ini bisa jadi salah satu kegiatan keluarga yang dapat dilakukan bersama. Membersihkan rumah, mencuci pakaian dan kegiatan lainnya bisa dibagi atau dilakukan bersama-sama. 

7. Ikut Kegiatan Amal/Berbagi Sesama

Agar lebih memaknai arti bulan Ramadan, Bunda dan Ayah dapat ajak keluarga untuk aktif di kegiatan amal dan juga berbagai sesama selama bulan ini. Mengenalkan kepedulian sosial pada anggota keluarga di bulan puasa ini bisa jadi lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh anggota keluarga. Eh tapi, jangan hanya berbagi dengan sesama di bulan ini saja ya. 

8. Belanja Baju Lebaran Bareng

Nah, kalau sudah mendekati akhir bulan puasa alias mendekati Lebaran, kegiatan belanja Lebaran seperti baju, dapat juga menjadi aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Bunda dan Ayah dapat ajak anggota keluarga untuk berbelanja bersama – siapa tahu ingin baju kompakan sekeluarga. 

9. Merencanakan Aktivitas Lebaran

Membuat rencana kegiatan saat Hari Raya Idul Fitri nanti, yang mana biasanya libur agak panjang, juga bisa jadi kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama keluarga di bulan puasa ini. Bunda dan Ayah dapat mengajak seluruh anggota keluarga memberikan ide aktivitas apa saja yang mereka inginkan dan memutuskan bersama-sama. 

10. Mempersiapkan Hari Raya dengan Dekorasi, Kartu Ucapan, dll

Jika tidak ada rencana untuk mudik, kegiatan dekorasi rumah untuk menyambut Hari Raya nanti juga bisa jadi aktivitas menyenangkan. Bunda dan Ayah dapat juga mengajak anggota keluarga untuk membuat kartu ucapan Lebaran yang akan dikirimkan ke kerabat dan juga saudara. Hal ini bisa mendorong kreativitas si Kecil juga loh. 

Nah itu dia beberapa ide kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama anggota keluarga selama bulan puasa ini. Bunda dan Ayah juga dapat memanfaatkan momen bulan puasa ini untuk mengenalkan arti puasa dan juga tentang agama kepada anggota keluarga. 

Untuk lebih menikmati momen family time di bulan puasa ini, jangan lupa untuk siapkan camilan kesayangan kita semua ya Bunda. Milkita Bites yang chewy dan crunchy itu loh. Bunda dapat kunjungi official store kami di Shopee dan Tokopedia

Ada banyak ide kegiatan bersama keluarga selama bulan puasa yang dapat dilakukan loh. Kegiatan-kegiatan ini pun dapat menjadi momen family time menyenangkan dan juga tetap membuat anggota keluarga happy dan sehat. Nah, Bunda ada ide lainkah?

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel