Artikel

Ide Kegiatan Seru agar Si Kecil Terbangun Jiwa Patriotisme di Hari Pahlawan

Post pada 08 Nov 2023

‘Selamat Hari Pahlawan, Bunda!’ Ini adalah ucapan yang jamak disampaikan setiap tanggap 10 November. Itu adalah tanggal keramat bagi Bangsa Indonesia sebagai pengingat pertempuran heroik para pahlawan di Surabaya.

Mumpung peringatan Hari Pahlawan, bunda bisa memaksimalkan momen ini untuk membangun jiwa nasionalisme buah hati. Bukan sekadar cerita sejarah saja, tapi jauh dari itu. Mengenalkan jiwa kepahlawanan tidak terbatas pada semangat juang tapi juga berbicara tentang semangat kerja keras, keyakinan, dan dedikasi tinggi.

Tak ketinggalan pula, hal terpenting untuk dipahami anak adalah semangat kepahlawanan itu selalu hadir dalam keseharian. Si kecil bisa menemukan sisi kepahlawanan dari sosok ayah, bunda, guru, petugas keamanan di sekitar rumah, pedagang, dan masih banyak lainnya. Dengan begitu, si kecil akan terbangun sikap menghargai orang lain.

BACA JUGA: Main Gelembung Sabun Efektif Latih Keterampilan Motorik dan Bahasa Anak 

Agar atmosfir Hari Pahlawan benar-benar terasa bagi si kecil, bunda bisa menyiapkan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Siapa tahu kegiatan ini bisa menjadi tradisi spesial tahunan. Tradisi yang dapat meningkatkan ikatan bunda dan buah hati.

Apa saja ide kegiatan yang seru tapi sarat akan pendidikan semangat juang pahlawan? Yuk simak di bawah ini. 

Bikin kostum pahlawan

Boleh juga ini ide membuat kostum pahlawan yang dapat menjadi simbol kebanggan dan semangat nasionalisme. Bunda bisa merancang baju pahlawan. Lebih bagus lagi kalau si kecil terlibat dalam perancangan baju pahlawan.

Ada banyak contoh-contoh baju pahlawan yang dapat bunda pilih. Misalnya saja busana yang sering dikenakan Presiden Soekarno yang dirancang sendiri. Sang Proklamator ini menyebut busananya merupakan perpaduan antara seragam militer dan pejuang rakyat.

Detailnya adalah jas warna putih ditampilkan dengan kantung empat buah. Kemudian tanda kepresidenan terletak di kedua kelepak. Tak ketinggaan, peci hitam menutup bagian kepala. Lewat busana itu, Presiden Soekarno ingin menunjukkan kepercayaan kepada rakyat.

BACA JUGA: Kenapa Bunda Perlu Ajak Si Kecil Main Dokter-dokteran?

Selain busana Presiden Soekarno, bunda bisa memilih tokoh lain seperti Mohammad Hatta. Bisa pula membuat busana pejuang laskar kemerdekaan berwarna coklat. 

Main perang-perangan

Ini bakal membuat si kecil antusias. Permainan perang-perangan dapat dimainkan di mana saja. Di sini, si kecil akan bermain ‘peran’. Dia bisa menjadi komandan atau malah seolah-olah menjadi Panglima Jenderal Soedirman.

Selama bermain, bunda bisa menyisipkan pesan-pesan mendidik. Misalnya saja jadi pejuang harus berkarakter jujur, berani, dan harus membela yang lemah.

Oh iya, jangan lupa bunda siapkan Permen Susu Milkita Bites biar permainan makin menyenangkan. Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Bagaimana bunda? sudah siap main dar der dor bareng buah hati?

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

 

 

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel