Artikel

Main Gelembung Sabun Efektif Latih Keterampilan Motorik dan Bahasa Anak

Post pada 18 Okt 2023

Bersenang-senang bareng si kecil sambil mainan gelembung sabun. Sudah murah, gampang, tapi efeknya luar biasa lho! Coba deh perhatikan ekspresi si kecil saat meniup dan berlompat-lompat mengejar gelembung sabun yang melayang di udara. Melihat momen itu saja, dijamin bunda juga ikutan bahagia.

Usut diusut, permainan gelembung sabun bukan hanya sekedar menghabiskan waktu berkualitas bareng si kecil saja. Ternyata, permainan ini kaya akan manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Simak saja penjelasan dari Christy Surgeoner, terapis okupasi di Wolfson Children’s Hospital of Jacksonville. Dia mengaku menggunakan gelembung sabun sebagai sarana terapis untuk pasiennya.

Menurut dia, gelembung sabun sangat menarik bagi si kecil. Maka itu, pihaknya menggunakan gelembung sabun dalam terapi untuk memfasilitasi keterampilan mereka. ”Bermain gelembung sabun adalah cara mudah dan murah mengerjakan berbagai keterampilan perkembangan,” tukasnya.

BACA: Penting Banget Kenalkan Si Kecil akan Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini

Ahli terapis lain pun setuju dengan pernyataan Christy Surgeoner. Salah satunya adalah Karen McCormack, ahli terapi okupasi di Children’s of Alabama. Dia menyarankan bunda menggunakan gelembung sabun sebagai instrumen permainan untuk anak usia 0 sampai tiga tahun.

”Gelembung sabun dapat membuat si kecil bahagia sambil bunda memperhatikan perkembangan motorik, visual, dan keterampilannya,” kata McCormack.

Bunda mau tahu apa saja manfaat permainan gelembung sabun? Yuk simak berikut ini.

Melatih keterampilan motorik

Cuma ajak main gelembung sabun bakal memancing anak aktif bergerak. Dia akan berlari-lari mengejar gelembung sabun yang melayang-layang di udara. Begitu dalam jangkauannya, itu gelembung bakal dipecahkan. Ujungnya, dia akan tertawa riang gembira.

Gelembung sabun memberikan stimulus pada anak untuk bergerak aktif. Secara tidak langsung, dia sedang mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar.

Bagus untuk perkembangan visual

Gelembung sabun memantulkan aneka warna ketika terpapar cahaya. Warna-warni dan gerakan melayang di udara ini yang membuat si kecil tertarik. Dia akan mendatangi dan meraih objek itu. Itulah mengapa permainan gelembung sabun dapat melatih perkembangan visual si kecil. Tambahan lagi, anak juga terlatih dalam mengkoordinasikan kedua matanya dalam melacak arah gelembung sabun yang berterbangan di udara.

Mengembangkan kemampuan bahasa

Mainan gelembung sabun juga berpengaruh terhadap perkembangan bahasa si kecil. Studi yang dipimpin Psikolog Universitas Lancaster Dr Katie Alcoc menyebutkan ada korelasi positif antara gerakan meniup gelembung sabun dengan keterampilan berbahasa si kecil. Dalam studinya itu terungkap bila si kecil dapat membedakan suara dan merespons dengan ocehannya sendiri.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Menarik bukan? Hanya dari main-main gelembung sabun bikin hepi sekaligus bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Jangan lupa, siapkan Permen Susu Milkita sebagai kejutan saat anak asyik bermain.

Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel