Artikel

Penting Banget Kenalkan Si Kecil akan Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini

Post pada 24 Sep 2023

Data UNICEF menyebutkan sekitar 186 ribu anak usia di bawah 18 tahun meninggal akibat kecelakaan di jalan raya pada 2015. Ini angka yang bikin miris. Jadi wajar bila kampanye keselamatan berkendara perlu juga menyasar anak-anak. Istilah kerennya, safety riding penting juga dikenalkan pada anak sejak dini.

Edukasi dan pembelajaran terkait keselamatan anak di jalan raya sudah menjadi tanggung jawab bunda. Pengenalan safety riding ini bisa dilakukan dalam perjalanan berangkat dan pulang ke sekolah. Misalnya bila bunda mengantarkan anak menggunakan sepeda motor, maka hukumnya wajib mengenakan helm dan jaket. Sedangkan bila menggunakan mobil, pastikan seat belt sudah dipasang pada si kecil.

BACA: Tak Perlu Ragu Ajak Anak ke Pesta Pernikahan, Perhatikan 4 Hal Ini

Maklum bunda, risiko kecelakaan yang menimpa anak hampir sebagian besar terjadi saat berangkat dan pulang ke sekolah. Jadi wajar bila sejumlah penggiat keselamatan berlalu lintas maupun kepolisian selalu menyasar sekolah-sekolah sebagai target dari edukasi keselamatan di jalan raya.

Apa saja yang perlu bunda ketahui dalam membangun kesadaran keselamatan di jalan raya pada anak sejak dini? Ayo dibahas bersama-sama di bawah ini.

Awali dengan hal sederhana

Edukasi keselamatan di jalan raya bisa diawali dengan beberapa kegiatan sederhana. Misalnya saja selalu menyeberang di lintasan zebra cross, jembatan penyeberangan, dan sejenisnya. Lalu bantu lebih detail sambil menerangkan fasilitas-fasilitas yang disediakan bagi pejalan kaki, seperti trotoar. Pastikan si kecil menerapkan kebiasaan menyeberang pada tempat yang disediakan.

Berikutnya kenalkan pada si kecil seputar rambu-rambu di sepanjang jalan yang sering dilintasi. Rambu adalah bentuk komunikasi yang tak sekadar memberi pesan keselamatan tapi juga kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengguna jalan.

Beri penjelasan maksud dan tujuan dari kehadiran rambu-rambu itu. Misalnya rambu dengan warna merah pasti berkaitan dengan larangan. Sedangkan kuning melambangkan imbauan, dan biru merupakan petunjuk.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Lantaran begitu banyak rambu, bunda pilih saja rambu-rambu dasar yang relevan dengan keselamatan si kecil. Misalnya saja rambu penyeberangan jalan, lampu lalu lintas, petunjuk untuk pejalan kaki, dan sejenisnya. Rambu-rambu itu menjadi pengetahuan dasar yang sebaiknya si kecil kuasai saat berjalan kali.

Bisa juga bunda mengagendakan waktu tertentu untuk mengenalkan keselamatan di jalan ray aini. Contohnya menggunakan media video atau buku cerita. Bisa pula dengan opsi mengajak si kecil berekreasi ke taman lalu lintas. Biar asyik berekreasi ke taman lalu lintas, bekali si kecil dengan Permen Susu Milkita. Permen Susu Milkita adalah permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Cocok nih dinikmati bersama.

Pastinya, jangan abai dengan hal ini ya bunda. Pengenalan keselamatan di jalan raya itu sangat penting untuk dilakukan sejak dini agar si kecil menyadari betapa pentingnya keselamatan ini, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel