Artikel

Jangan Kelamaan Khawatir saat Anak Susah Makan, Ini Bunda Solusinya

Post pada 01 Jul 2023

Waktu makan adalah momen di mana kesabaran bunda diuji. Setuju bukan? Yup, kadang kala ekspektasi bunda tidak terpenuhi saat jam makan anak tiba. Mereka tiba-tiba jadi begitu menjengkelkan. Sudah emoh menyantap makanan, kadang suka membuang-buang makanan dari piring.

Ada banyak faktor yang membuat anak susah makan. Mulai dari kondisi fisik yang membuat mereka tidak nyaman. Misalnya saja saat mengalami pertumbuhan gigi, masalah sensorik, sampai si kecil merasa kelelahan.

Hilangnya nafsu makan si kecil ini mirip-mirip seperti orang dewasa. Si Kecil pun merasakan hal yang sama, walaupun tidak selalu bisa memberi tahu apa yang dirasakan. Selain itu ada juga kondisi medis yang dapat menyebabkan Si Kecil menjadi susah untuk makan yaitu Anoreksia, sembelit, Eosinophilic Esophagitis, Demam, Penyakit celiac dan sakit tenggorokan.

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy

Tenang saja bunda, jangan kelamaan khawatirnya. Bukan bunda hebat dong kalau menyerah saat menghadapi anak susah makan. Ayo sama-sama bahas jurus ampuh agar anak balik lagi menyantap makanan dengan lahap. 

  1. Jangan paksa si kecil makan

Membentak sampai memaksa si kecil memakan makanan bukan langkah bijak. Si kecil akan merespons dengan nangis, kesal, atau malah marah-marah. Lebih baik biarkan si kecil makan sebanyak atau sedikit yang mereka mau. 

  1. Ganti lauk

Di sini kreativitas bunda perlu dikeluarkan. Ketika si kecil sudah merasa enggan dengan makanan di depannya, segera bunda ambil keputusan untuk menawarkan lauk pengganti. Cuma tetap perhatikan nilai  gizi dari lauknya. 

  1. Beri camilan di jam ngemil

Si kecil boleh kok ngemil. Bagaimana pun, camilan itu dapat menjadi penambah nutrisi buat si kecil. Tinggal ditentukan saja waktunya agar tidak berdekatan dengan jam makan. Misalnya waktu ngemil diberikan di rentang pukul 10 pagi alias di antara sarapan dan jam makan siang. Sedangkan jadual ngemil kedua di ntara makan siang dan makan malam atau sekitar pukul 3 sore.

BACA : Jangan Panik Kalau si Kecil Malas Berolahraga, Coba Siasat Ini Bunda!

Lalu yang tak kalah penting, camilan sebaiknya juga bernutrisi seperti Permen Susu Milkita Bites yang kaya akan kandungan gizi dari susu segar. Selain itu, Permen Susu Milkita Bites adalah permen susu pertama dengan paduan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam.

  1. Memulai prinsip sedikit lebih baik

Saat si kecil tidak menghabiskan makanan yang bunda siapkan secara masif, pasti bunda akan merasa kesal bukan. Untuk menghindari itu, bunda bisa memberikan porsi makanan sedikit untuk si kecil agar tidak terbuang. 

  1. Tawarkan si kecil pilih makanan sendiri

Kadang dalam urusan makan, bunda bisa menerapkan prinsip demokratis. Konkretnya adalah menawarkan anak untuk memilih makanannya sendiri. Dari sini, si kecil juga belajar bertanggung jawab atas pilihannya.

Cukup banyak kan bunda, solusi saat anak lagi ngambek makan. Tenang, situasi ini tidak hanya dialami bunda sendiri, tapi di luar sana juga banyak bunda mengalami hal yang sama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel