Artikel

Jangan Panik, Tak Selamanya Anak Kurus Itu Kurang Gizi

Post pada 03 Jul 2023

“Kok badan anakku kurus ya. Apa karena kurang gizi?” Mungkin pernah dicurhati soal kekhawatiran mengenai kondisi berat badan si Kecil atau mungkin pernah mengalami? Apa iya anak kurus itu selalu identik dengan masalah kurang gizi? Biar nggak bingung, lanjut lagi bacanya ya, Bunda.

Memang sih, banyak Bunda yang selalu menjadikan berat badan sebagai indikator sehat atau tidaknya si anak. Kalau badan anak kurus, langsung bereaksi penuh kekhawatiran. Tak perlu overthinking dulu. Ada bedanya lho anak bertubuh kurus sama anak yang kurus karena kurang gizi.

Penyebab Anak Kurus – Bukan Karena Kurang Gizi Loh

Anak bertubuh kurus biasanya punya berat badan yang kurang dibanding ukuran ideal seusianya. Memang bisa disebabkan kurangnya konsumsi kalori yang cukup.

Hanya di sisi lain, tubuh kurus si kecil bisa disebabkan faktor genetik orangtuanya.

Baca juga: Tips untuk Bunda: Cara Memberi Gizi Seimbang pada Anak

kenali tanda anak kurang gizi

Sedangkan, anak kurus yang kurang gizi karena masalah minimnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anak kurang gizi bisa dipicu dari pola makan yang tidak sehat, terlalu banyak junk food, kebiasaan konsumsi makanan berkadar gila tinggi, dan lain-lain. Ujungnya, tubuh si Kecil sulit menyerap nutrisi yang baik.

Ketika tubuh si kecil kurus tapi tetap aktif, ceria, ceriwis, itu tanda sehat. Kalau kurang yakin, cobalah telisik lebih jauh lagi. Bila nggak gampang cemas, jauh dari rasa lelah, dan tidak ada gangguan perilakunya, susah cukup memastikan si kecil sehat mesti tubuhnya kurus.

Lain halnya sama anak kurus yang kekurangan gizi. Indikatornya bisa dilihat dari tindak-tanduk keseharian. Bila suka merasa lelah, lemas, kurang bersemangat, mudah tersinggung, sampai terganggu dalam perkembangan kognitifnya, fix deh itu kurang gizi.

Lakukan Ini Jika Anak Kurang Gizi

Kalau memang anak kurang gizi, terus apa yang Bunda lakukan?

Langkah pertama, ketahui dulu pangkal penyebabnya.

Misalnya bisa dipicu dari gangguan penyerapan nutrisi yang tak maksimal, maka solusinya adalah mengatasi masalah itu. Bisa dengan bantuan dokter anak agar mendapat panduan yang jelas.

Tapi bila disebabkan karena faktor pola makan yang baruk, maka Bunda harus melakukan perbaikan yang menyeluruh.

Mulailah dengan menyiapkan menu dengan makanan yang sehat, mengatur jadwal makan yang baik, sampai pilih-pilih camilan yang kaya akan kandungan gizi.

Baca Juga : Daftar Aktivitas Seru di Akhir Pekan Bersama Ayah

Contohnya adalah menawarkan Permen Susu Milkita Bites. Produk andalan PT United Family Food ini kaya akan kandungan gizi dari susu segar. Selain itu, Permen Susu Milkita Bites adalah permen susu pertama dengan paduan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam.

Selain urusan asupan makanan, jangan abaikan juga mendorong si Kecil melakukan aktivitas fisik. Jangan sampai membiarkan si kecil mager alias malas gerak. Lalu yang tak kalah penting, istirahat yang cukup yang menjadi modal dasar tubuh si Kecil lebih sehat, kuat, dan bugar.

Jadi, sekarang bunda sudah bisa bedakan mana anak bertubuh kurus yang sehat sama yang kurang gizi.

 Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel